Sabtu, 27/04/2024 01:53 WIB

Rektor: Ijazah UT Juga Bisa untuk Lamar Kerja dan Naik Pangkat

Para lulusan tidak usah khawatir karena ijazah UT tetap dapat digunakan untuk melamar pekerjaan hingga memproses kenaikan pangkat.

Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof. Ojat Darojat memastikan bahwa ijazah UT juga memiliki `civil effect` sebagaimana perguruan tinggi negeri (PTN) umumnya.

Karenanya, lanjut Ojat, para lulusan tidak usah khawatir karena ijazah UT tetap dapat digunakan untuk melamar pekerjaan hingga memproses kenaikan pangkat.

"Ijazah yang dikeluarkan oleh Universitas Terbuka sama dengan ijazah yang dikeluarkan UPI (Universitas Pendidikan Indonesia), UI (Universitas Indonesia), dan PTN lainnya, karena dari awal UT sah melakukan pendidikan jarak jauh," kata Ojat dalam webinar `Ngobrol Virtual Bareng Rektor (Ngovibrek)` bersama mahasiswa Program Studi Sistem Informasi dan Teknologi Pendidikan jalur beasiswa SNMPTN 2020, pada Senin (25/1).

Sebagai perguruan tinggi negeri satu-satunya yang menyelenggarakan pendidikan jarak jauh sejak 36 tahun lalu, Universitas Terbuka saat ini memiliki 350.000 mahasiswa yang tersebar di Tanah Air maupun luar negeri.

Pengalaman inilah, menurut Ojat, yang menjadi alasan Universitas Terbuka ditunjuk oleh pemerintah untuk membidani Universitas Siber (Cyber University), yang beberapa waktu lalu disampaikan oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim.

"UT merupakan yang paling berpengalaman dalam menyelenggarakan pendidikan secara siber, virtual learning environment. Mudah-mudahan nanti kalau punya kapasitas sangat baik dengan memanfaatkan teknologi komunikasi, kita siap melayani secara kesuluruhan secara online," ujar Ojat.

Diketahui, pada 2020 lalu Universitas Terbuka pertama kali ikut serta dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Namun berbeda dari PTN lainnya, UT memberikan beasiswa tambahan kepada mahasiswa yang masuk UT lewat jalur SNMPTN.

"Pemberian biaya beasiswa ini juga seiring dengan upaya pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada teman-teman anak-anak yang memang memiliki kualitas yang unggul, berprestasi akademis yang baik di sekolahnya, tetapi di sisi lain mereka juga mengalami kendala dalam hal biaya," terang dia.

"Karena itulah UT hadir memberikan kesempatan kepada Anda, lulusan terbaik di sekolahnya masing-masing untuk ikut ambil bagian masuk ke UT melalui dua program studi, yaitu sistem informasi dan teknologi pendidikan," tandas dia.

KEYWORD :

Ijazah UT Universitas Terbuka Ojat Darojat Lamaran Pekerjaan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :