Sabtu, 20/04/2024 20:06 WIB

UT Luncurkan Aplikasi SIPPP untuk Tata Kelola Terintegrasi

UT Luncurkan Aplikasi SIPPP untuk Tata Kelola Terintegrasi

Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat (Foto: Sulis)

Jakarta, Jurnas.com - Di tengah puncak perayaan Dies Natalis ke-38, Universitas Terbuka (UT) meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pertanggungjawaban keuangan (SIPPP), pada Minggu (4/9) kemarin.

Aplikasi ini merupakan sistem informasi tata kelola terintegasi, yang dapat menghubungkan seluruh sumber daya yang ada di lingkungan UT.

Rektor Universitas Terbuka, Ojat Darojat menjelaskan, aplikasi SIPP dikembangkan dengan arsitektur microservice. Artinya, aplikasi SIPP memungkinkan pengambilan keputusan oleh manajemen secara cepat, sebab informasi dan data tersedia secara real-time.

"Selain itu penghematan terjadi, karena SIPPP mengaplikasikan output berupa dokumen digital. Selanjutnya, proses bisnis jauh lebih singkat karena sistemnya terintegasi," jelas Ojat di kampus pusat UT, Pondok Cabe, Banten.

Selain itu, pemanfaatan kecerdasan buatan memungkinkan fungsi analitik SIPPP semakin baik. Riset dan pengembangan teknologi akan membawa terobosan inovasi dari konsep tata kelola konvensional dan proses pembelajaran di UT sebagai simbol pengintegrasian.

Diketahui, rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-38 Universitas Terbuka telah berlangsung sejak 22 Juni. Kegiatan ini melibatkan seluruh sivitas akademika termasuk mahasiswa dan pegawai, untuk berpartisipasi dalam berbagai kompetisi di Disporseni Nasional.

Puncak Dies Natalis ke-38 UT juga dimeriahkan dengan pemberian tiga penghargaan, yakni Citra Paramesti untuk individu di luar lingkungan UT yang memberikan dukungan kepada UT, Citra Saghatana bagi organisasi atau instansi yang mendukung UT, serta Citra Parana bagi media mewartakan citra positif UT.

KEYWORD :

Aplikasi SIPPP Universitas Terbuka Ojat Darojat Tata Kelola




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :