Sabtu, 11/05/2024 09:35 WIB

Imbas Pandemi, Harga Ikan Tuna Sirip Biru Jatuh di Jepang

Seekor tuna sirip biru seberat 278 kg mencapai rekor 333,6 juta yen dalam lelang Tahun Baru pada 2019 ketika diadakan untuk pertama kalinya di Toyosu setelah relokasi pasar ikan utama Tokyo dari Tsukiji di dekatnya.

Yukitaka Yamaguchi, ketiga dari kiri, presiden pedagang grosir perantara Yamayuki, dan timnya berpose dengan tuna sirip biru yang dia bayarkan 20,84 juta yen untuk lelang pertama tahun itu di pasar ikan Toyosu di Tokyo pada hari Selasa. Foto: KYODO

Tokyo, Jurnas.com - Seekor tuna sirip biru dihargai 20,84 juta yen dalam Lelan Tahun Baru 2021 di pasar ikan Toyosu Tokyo pada Selasa (5/1). Harga ini jauh lebih rendah daripada tahun-tahun sebelumnya karena dampak pandemi virus corona (COVID-19) membebani industri restoran.

Dilansir dari Japan Today, harga tuna 208 kilogram, yang ditangkap oleh kapal yang beroperasi dari pelabuhan di Oma, Prefektur Aomori, jauh di bawah tahun sebelumnya 193,2 juta yen yang dibayarkan oleh operator jaringan restoran sushi yang berbasis di Tokyo.

Seekor tuna sirip biru seberat 278 kg mencapai rekor 333,6 juta yen dalam lelang Tahun Baru pada 2019 ketika diadakan untuk pertama kalinya di Toyosu setelah relokasi pasar ikan utama Tokyo dari Tsukiji di dekatnya.

Lelang tahun ini dimulai tepat setelah jam 5 pagi dengan pembeli mengenakan topeng dan tidak ada penonton yang hadir karena kekhawatiran tentang penyebaran virus corona terus berlanjut.

Yukitaka Yamaguchi, presiden pedagang grosir perantara Yamayuki, yang merupakan penawar tuna yang berhasil, menyebut harga tersebut masuk akal. "Itu hasil yang bagus di tengah banyak berita negatif. Itu tuna yang bagus," tambahnya.

Harga tersebut merupakan yang tertinggi ketujuh sejak data pembanding tersedia pada tahun 1999, menurut pemerintah metropolitan Tokyo.

"Itu berat ketika saya menariknya (ke kapal), dan saya pikir `Hebat`," kata Minoru Tanaka, seorang nelayan selama hampir 50 tahun, yang menangkap tuna pada hari Senin di laut sekitar 30 kilometer dari pelabuhan di Oma. "Tidak diragukan lagi itu lemak."

Tetapi pria berusia 65 tahun itu dengan bercanda mengatakan kepada pers di kota bahwa uang yang dia peroleh dari ikan akan habis setelah dia melunasi hutang di kapalnya dan minum banyak alkohol.

Penayangan publik dari lelang tuna, salah satu tempat wisata paling populer di Tokyo baik di lokasi lama pasar maupun di pasar baru, ditangguhkan pada 26 Desember.

Dalam keadaan normal, merupakan kebiasaan bagi penawar untuk ikut serta pada lelang pertama tahun ini, dengan restoran menggunakannya sebagai taktik pemasaran, tetapi seperti banyak bisnis restoran lainnya telah terpukul keras oleh pandemi COVID-19 musim semi lalu.

KEYWORD :

tuna sirip biru lelang ikan Jepang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :