Sabtu, 27/04/2024 11:47 WIB

Penumpang Kapal Pesiar Singapura yang Berusia 83 Tahun Akhirnya Negatif COVID-19

Setelah kembali ke Singapura, pria itu menguji ulang sampel aslinya di National Public Health Laboratory (NPHL), dan sampel kedua diambil untuk tes konfirmasi.

Kapal Pesiar Diamond Princess, tempat 10 orang di kapal itu dinyatakan positif mengidap virus corona kemarin, mendekati Daikoku Pier Cruise Terminal di Yokohama, selatan Tokyo, Jepang 6 Februari 2020. (Foto: Kim Kyung-Hoon/ Reuters)

Singapura, Jurnas.com - Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) mengatakan, dua tes virus corona (COVID-19) lebih lanjut untuk penumpang kapal pesiar berusia 83 tahun yang positif terkena virus ternyata negatif.

Dilansir dari Channel News Asia, pria yang merupakan penumpang di Quantum of the Seas dari Royal Caribbean International, dinyatakan positif COVID-19 saat berada di kapal.

"Pria itu pada Selasa malam melaporkan ke pusat medis kapal karena diare. Dia diuji untuk COVID-19 menggunakan peralatan uji polymerase chain reaction (PCR) di atas kapal sebagai bagian dari protokol," kata MOH.

Setelah kembali ke Singapura, pria itu menguji ulang sampel aslinya di National Public Health Laboratory (NPHL), dan sampel kedua diambil untuk tes konfirmasi. "Kedua sampel kembali negatif," kata MOH.

MOH mengatakan, tes lain akan dilakukan pada Kamis (10/12) untuk mengonfirmasi status COVID-19 pria itu tersebut. Sementara itu, semua kontak dekat pria yang teridentifikasi diisolasi sebagai tindakan pencegahan.

"Sebagai bagian dari protokol rutin pasca-kedatangan, semua penumpang akan menjalani tes COVID-19 wajib sebelum diizinkan meninggalkan terminal di Marina Bay Cruise Center," kata MOH.

Hingga Rabu, Singapura telah melaporkan total 58.291 kasus COVID-19.

Kapal Quantum of the Seas mulai berlayar lagi bulan ini sebagai bagian dari skema percontohan yang memungkinkan perjalanan pulang pergi tanpa berhenti (ports of call, Red)

Royal Caribbean International mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa semua tamu dan anggota kru yang melakukan kontak dekat dengan pria itu telah diidentifikasi, diisolasi, dan kemudian dinyatakan negatif terkena virus.

Sebelum naik ke kapal pada hari Senin, semua 1.680 penumpang dan 1.148 anggota awak telah melewati tes PCR wajib untuk COVID-19, kata Annie Chang, direktur pengembangan kapal pesiar Singapore Tourism Board.

Pada Rabu (9/12), Royal Caribbean mengatakan telah memutuskan untuk membatalkan pelayaran Quantum of the Seas pada Kamis (10/12) untuk mewaspadai penyebaran COVID-19.

Keputusan itu diambil setelah Royal Caribbean mengatakan pada hari sebelumnya bahwa pelayaran Kamis akan dilanjutkan sesuai jadwal. "Pelayaran akan dilanjutkan pada 14 Desember," kata Royal Caribbean dalam email pada Rabu malam.

KEYWORD :

Kapal Pesiar Singapura Kakek COVID-19 Quantum of the Seas




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :