Sabtu, 27/04/2024 05:10 WIB

Untar Fokus Pengembangan Kompetensi Dosen lewat IKDKI

Agustinus Purna Irawan mengatakan kompetensi dosen menjadi fokus utamanya saat ini, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

Pelantikan pengurus IKDKI (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Rektor Universitas Tarumanagara yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Umum Ikatan Dosen Katolik Indonesia (IKDKI), Agustinus Purna Irawan mengatakan kompetensi dosen menjadi fokus utamanya saat ini, dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan.

Hal itu disampaikan dalam perayaan satu tahun IKDKI, yang dibarengi dengan pengkuhan dan pelantikan para pengurus pusat maupun wilayah, di Kampus I Untar, Jakarta pada Minggu (29/11).

"Pengembangan kualifikasi dan kompetensi dosen melalui pendidikan lanjutan, peningkatan jabatan akademik dosen, peningkatan kemampuan dan hasil penelitian dan publikasi, peningkatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu hal yang diperhatikan di Untar dan menjadi fokus dari IKDKI," jelas Agustinus.

Menyadari bahwa belum semua dosen katolik dapat menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan baik secara berkelanjutan, lanjut Ketum IKDKI, dikarenakan adanya berbagai alasan seperti pembiayaan, ketidaktahuan, kesulitan dalam membangun komunikasi dan kolaborasi.

"Tentunya menimbulkan keprihatinan bersama sehingga perlu dicari terobosan yang dapat menjadi penyemangat dan stimulus bagi usaha peningkatan kualifikasi, kompetensi dan kinerja dosen katolik dimanapun yang bersangkutan melayani," sambung dia.

Agustinus menambahkan, hingga saat ini IKDKI telah menyelenggarakan berbagai kegiatan animasi, pelatihan, workshop, dan seminar dengan melibatkan berbagai narasumber, baik internal maupun eksternal IKDKI.

"Berbagai kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pendorong dan penyemangat dosen Katolik untuk terus mengembangkan diri menjadi dosen yang mumpuni dan juga bersedia melayani sesama dengan tulus dan ikhlas hati," tandas dia.

Sesuai mottonya, Mumpuni dan Melayani, adanya Ikatan Dosen Katolik ini merupakan bentuk dukungan bagi para dosen Katolik dan menjadi wadah untuk sharing informasi, berkolaborasi dan saling support.

Visi utama dari IKDKI adalah menjadi wadah bagi dosen Katolik Indonesia yang berkarya di berbagai perguruan tinggi untuk dapat mengembangkan diri menjadi pribadi yang mumpuni dan melayani sebagai dosen dan sebagai warga gereja yang juga menjadi pelayan Tuhan dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat luas.

Saat ini telah tergabung ratusan dosen Katolik dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, dan telah memiliki tujuh koordinator wilayah di beberapa provinsi.

KEYWORD :

Kompetensi Dosen Universitas Tarumanagara Agustinus Purna Irawan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :