Sabtu, 27/04/2024 03:38 WIB

Temukan Kasus Virus Corona, China Langsung Lockdown Kota Ruili

Tiga kasus tersebut ditemukan di kota Ruili di provinsi Yunnan barat, titik penyeberangan perbatasan darat utama dengan negara tetangga Myanmar.

Kota Muse di perbatasan Myanmar (latar depan), yang dipisahkan oleh sungai dangkal dari menara berkilauan milik Tiongkok, Ruili . (Ye Aung THU/AFP)

Beijing, Jurnas.com - Pemerintah China memutuskan untuk mengunci total (lockdown) Kota Ruili, Provinsi Yunnan yang berbatasan dengan Myanmar, karena ditemukan kasus baru virus corona (COVID-19).

Pejabat kota pada Selasa (15/9), mengatakan tiga kasus tersebut ditemukan di kota Ruili di provinsi Yunnan barat, titik penyeberangan perbatasan darat utama dengan negara tetangga Myanmar.

Pejabat tersebut mengatakan, pemerintah setempat juga akan melakukan tes COVID-19 massal. Seluruh penduduk di kota berpopulasi 210 ribu orang itu akan dites virus corona tanpa kecuali.

Penduduk diberitahu untuk tinggal di rumah dan orang-orang dilarang memasuki atau meninggalkan kota mulai Senin malam. Sementara itu, seluruh kegiatan bisnis ditutup kecuali supermarket, apotek dan pasar makanan.

"Infeksi itu dibawa dari Myanmar dan otoritas China akan menindak imigran ilegal," kata para pejabat.

Ruili dipisahkan oleh sungai dangkal dari kota perbatasan Muse, pintu gerbang utama Myanmar ke Cina yang terkenal dengan jalan-jalan kotor, senjata, kasino, dan obat-obatan.

Wakil walikota Ruili, Yang Bianqiang mengatakan pada konferensi pers pada Senin bahwa kota itu akan memulangkan mereka yang tidak dapat memverifikasi waktu kedatangan mereka ke China, tidak memiliki tempat tinggal tetap dan tidak memiliki tempat tetap untuk bekerja.

Sebagian besar wilayah di China  mengendalikan penyebaran virus melalui serangkaian pembatasan perjalanan dan penguncian ketat, dimulai dengan pusat kota Wuhan, tempat virus pertama kali muncul akhir tahun lalu.

Namun, ada sejumlah wabah lokal dalam beberapa bulan terakhir termasuk di ibu kota Beijing.

Perbatasan negara tetap tertutup untuk sebagian besar orang asing, dan sebagian besar infeksi dalam beberapa bulan terakhir berasal dari warga negara asing yang kembali.

Pada Selasa (15/9) China melaporkan jujuh kasus corona. Komisi Kesehatan Nasional menyebut seluruh kasus dibawa dari luar negeri. Hingga kini China memiliki 85.202 kasus corona dan 4.634 kematian.

Sekadar diketahui, Myanmar di antara bagian penting dari proyek Belt and Road Initiative China senilai US $1 triliun yang mencakup proyek-proyek maritim, kereta api dan jalan di wilayah Asia, Afrika, dan Eropa. (Reuters)

KEYWORD :

Kota Ruili Provinsi Yunnan China Perbatasan Myanmar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :