Jum'at, 26/04/2024 09:54 WIB

Sayuran Pekarangan Solusi Penuhi Kebutuhan Pangan Keluarga di Masa Pandemi

Budidaya sayuran di pekarangan tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, namun juga mengurangi uang belanja bahkan dapat menambah pendapatan keluarga jika hasilnya dipasarkan.

Opsi menanam sayur di pekarangan rumah. (Foto: Ditjen Hortikultura)

Jakarta, Jurnas.com –  Budidaya sayuran pekarangan rumah bisa menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarga di tengah tren kasus positif virus corona (COVID-19) terus meningkat.

Budidaya sayuran di pekarangan tidak hanya dapat mencukupi kebutuhan pangan dan gizi keluarga, namun juga mengurangi uang belanja bahkan dapat menambah pendapatan keluarga jika hasilnya dipasarkan.

Hal ini selaras dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo agar kebutuhan pangan rumah tangga dapat tercukupi meski di tengah pandemi COVID 19.

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat, Tommy Nugraha menjelaskan, kegiatan budidaya sayuran pekarangan bukanlah hal baru bagi masyarakat. Berbagai program pemerintah telah dilakukan untuk mendorong masyarakat menjadikan lahan rumah menjadi lahan produktif.

"Harapannya masyarakat semakin banyak yang memanfaatkan lahan pekarangannya untuk bertanam sayur-sayuran agar pemenuhan gizi keluarga tetap terpenuhi tanpa harus pergi ke tempat-tempat perbelanjaan," ujar Tommy saat dihubungi via telepon, Selasa (25/8) 

Sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral bagi tubuh. budidayanya pun tidak butuh waktu yang lama. Beberapa jenis sayuran bisa dipanen cepat, Seperti packoy bisa dipanen 25 hari setelah tanam (HST), bayam 20 HST, Kangkung 30 HST, cabai 70-75 HST, kacang panjang 40 HST, buncis 55 HST, tomat 90 HST, paria 40-50 HST, dan lain-lain.

Secara terpisaha, Kasubdit Aneka Cabai dan Sayuran Buah, Dessi Rahmaniar juga menjelaskan, lahan pekarangan dapat dimanfaatkan sebagai kebun aneka sayuran.

"Jika lahan pekarangan luas bisa bertanam di lahan/tanah secara langsung, namun jika pekarangannya sempit bisa dengan pot, polybag atau teknis vertikultur," ujar perempuan minang itu.

Ia menyebutkan pada prinsipnya semua jenis tanaman sayuran dapat dibudidayakan dengan menggunakan pot atau vertikultur tergangtung design pot, rak vertikultur dan tata letaknya di pekarangan.

Dessi juga menceritakan pengalaman budidaya sayuran pekarangan yang dilakukannya sejak 7 tahun yang lalu. Saat itu, ia menanam cabai rawit di pekarangan rumahnya menggunakan pot. Sebanyak 6 pot cabai yang ditanamnya bisa berproduksi selama empat tahun jika dirawat secara intensif.

Saat tanamannya sudah tidak produktif dilakukan persemaian ulang dan peremajaan dengan tanaman baru sehingga kebutuhan cabainya setiap hari bisa dipenuhi dari hasil panen cabai di pekarangannya tersebut.

"Dari hasil panen 6 pot cabai yang saya tanam, saya tidak perlu pergi kepasar dan keluar uang untuk beli cabai rawit setiap kali mau masak. Jika tiap rumah tangga bisa melalukan seperti yang saya lakukan, gonjang-ganjing harga cabai akibat kurangnya pasokan tidak lagi menjadi cerita klasik dari tahun ke tahun," tandas Dessi.

KEYWORD :

Budidaya Sayuran Pandemi COVID-19 Tommy Nugraha Pekarangan Rumah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :