Jum'at, 26/04/2024 11:20 WIB

Dokter Rusia Klaim Tak Temukan Jejak Racun dalam TesAlexei Navalny

Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Emmanuel Macron juga menyatakan keprihatinan atas kondisi Navalny dan mengatakan dia dapat menerima perawatan di Jerman atau Prancis.

Tokoh oposisi Rusia, Alexei Navalny (tengah) terlihat pada aksi unjuk rasa di Moskow, Rusia 29 Februari 2020. (Foto: Reuters)

Moskow, Jurnas.com - Seorang dokter senior di rumah sakit Rusia mengatakan tidak ada jejak racun yang ditemukan dalam tes yang dilakukan terhadap Alexei Navalny, seorang tokoh oposisi, yang dilaporkan dalam kondisi serius di sebuah rumah sakit di kota Omsk, Siberia.

Navalny pingsan dalam penerbangan dari Tomsk ke Moskow pada Kamis (20/8) pagi. "Pesawat harus melakukan pendaratan darurat karena tiba-tiba kesehatannya memburuk," kata juru bicara Alexei, Kira Yarmysh.

Wakil kepala rumah sakit di Siberia, Anatoly Kalinichenko, menjelaskan pada Jumat (21/8) bahwa tidak ada racun yang ditemukan dalam tes yang dilakukan pada Navalny.

Ia mengatakan bahwa rumah sakit sudah mendiagnosis kondisi Navalny secara lengkap, tetapi belum bisa mengungkap penyebabnya.

Sementara itu, kepala ahli bedah di rumah sakit, Alexander Murakhovsky, juga mengatakan pada hari yang sama bahwa kondisi Navalny sedikit membaik dalam semalam, tetapi masih tidak stabil.

Ia mengatakan bahwa memindahkannya akan mempertaruhkan nyawanya karena masih koma dan kondisinya tidak stabil. Namun, tim Navalny menuduh Moskow memerintahkan larangan mengangkutnya sebagai upaya untuk membunuhnya.

Juru bicaranya mengklaim bahwa dokter sebelumnya telah menyetujui pemindahannya, tetapi menahan persetujuan mereka pada menit terakhir. "Keputusan ini tentu saja bukan dibuat oleh mereka melainkan oleh Kremlin," kata Yarmysh.

Juru bicara Presiden Rusia, Vladimir Putin, Dmitry Peskov mengatakan bahwa Kremlin akan membantu memindahkan Navalny ke luar negeri jika perlu dan berharap dia cepat sembuh.

Peskov mengatakan belum ada bukti untuk mendukung klaim bahwa Navalny telah diracuni. "Kami sedang membaca informasi ini," ujarnya.

Perselisihan tentang pemindahan Navalny pecah setelah ambulans udara dikirim untuk membawanya ke Jerman untuk kemungkinan perawatan.

Sementara Rusia dengan keras menyangkal adanya permainan curang, ada spekulasi apakah aktor tertentu mungkin mencoba melibatkan Moskow dan menggunakannya sebagai pengaruh.

Tuduhan itu adalah yang terbaru dari serangkaian tuduhan terhadap Moskow yang mencakup keracunan Sergei Skripal pada 2018, mantan mata-mata ganda, dan putrinya di Salisbury di Inggris selatan.

Rusia berulang kali membantah terlibat dalam serangan yang diduga menyebabkan Skripal tidak sadarkan diri selama berminggu-minggu. Putin mengatakan saat itu bahwa kasus Skripals lebih menguntungkan London daripada Moskow.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih, Robert O`Brien, mengatakan bahwa berita itu sangat memprihatinkan dan dapat mempengaruhi hubungan AS-Rusia. (Press TV)

"Ia orang yang sangat pemberani. Ia adalah politikus yang sangat berani yang menentang Putin di Rusia, dan pikiran serta doa kami menyertai dia dan keluarganya, "kata O`Brien.

"Jika Rusia berada di balik ini ... itu adalah sesuatu yang akan kami pertimbangkan dalam cara kami menangani Rusia di masa depan," tambahnya.

Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Emmanuel Macron juga menyatakan keprihatinan atas kondisi Navalny dan mengatakan dia dapat menerima perawatan di Jerman atau Prancis.

"Saya berharap dia bisa pulih dan secara alami apakah itu di Prancis atau di Jerman dia bisa menerima dari kami semua bantuan dan dukungan medis yang dibutuhkan," kata Merkel dalam konferensi pers bersama dengan Macron.

Juru bicara Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR), Liz Throssell juga menyatakan prihatin  dan berharap Navalny menerima semua perawatan medis yang diperlukan.

"Laporan tentang apa yang terjadi pada Alexei Navalny sangat memprihatinkan dan sangat mengkhawatirkan," kata Throssell." Sangat penting bahwa dia mendapatkan semua perawatan yang memadai yang dia butuhkan untuk dapat melakukan pemulihan." (Press TV)

KEYWORD :

Alexei Navalny Keracunan Rusia Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :