Sabtu, 27/04/2024 08:21 WIB

Bicara soal Rasisme, Bintang Papan atas Bollywood Dilabeli Munafik

Beberapa netizen menyoroti bahwa aktris asal India tersebut pernah menjadi bintang iklan pemutih wajah sehingga dianggap munafik jika membicarakan warna kulit.

Priyanka Chopra (Foto: Via Bollywood Life)

New Delhi, Jurnas.com - Beberapa bintang Bollywood dilabeli munafik setelah berbicara menentang rasisme untuk memberikan dukungan kepada protes global sementara mempromosikan produk di India yang dirancang untuk membuat kulit orang lebih ringan.

Sejumlah aktris Bollywood papan atas, termasuk Priyanka Chopra, berbagi unggahan di media sosial untuk memprotes kematian George Floyd yang meninggal dalam tahanan polisi setelah seorang perwira kulit putih berlutut di lehernya selama hampir sembilan menit.

"Akhiri perang ras ini di sini di AS, dan di seluruh dunia. Di mana pun Anda tinggal, apa pun keadaan Anda, TIDAK seorang pun pantas mati, terutama di tangan orang lain karena warna kulit mereka," tulis Chopra di Instagram. ⁣⁣

Unggahan Chopra ini ternyata malah jadi bumerang. Beberapa netizen menyoroti bahwa aktris asal India tersebut pernah menjadi bintang iklan pemutih wajah sehingga dianggap munafik jika membicarakan warna kulit.

"Terima kasih telah berbicara untuk kehidupan hitam. Tapi, mungkin juga berhenti mendukung krim pemutih kulit yang mempromosikan anti-kegelapan," tulis netizen menjawab unggahan Instagram Chopra.

Chopra, mantan Miss World yang menjadi bintang di Bollywood dan Hollywood, mengatakan menyesal mendukung produk seperti aktris muda dan bangga dengan kulit gelapnya.

Aktris Sonam Kapoor Ahuja, Deepika Padukone, dan Disha Patani juga menuai kritikan karena unggahan di media sosial anti-rasisme mereka ketika tampil dalam iklan untuk produk keadilan kulit.

Industri pencerah kulit multi miliar dolar India memiliki sejumlah produk yang tampaknya menawarkan kepada orang India kulit hitam versi yang lebih ringan, lebih adil dan lebih baik dari diri mereka sendiri, sering kali didukung oleh aktor-aktor top Bollywood.

Setelah bertahun-tahun kritik dan kampanye terhadap produk-produk tersebut, banyak merek yang beralih menggunakan istilah "pencerah kulit," "pemutih" atau "pencerah" krim dan mencuci muka.

"Sebagian besar merek tidak lagi ingin dikaitkan secara langsung dengan yang disebut sebagai `krim keadilan`," kata aktor Abhay Deol, kritikus vokal produk keadilan dan dukungan Bollywood.

Para kritikus mengatakan industri film membantu memberi makan obsesi India dengan kulit yang adil dan bias terhadap wajah yang lebih gelap, dengan banyak yang menunjukkan bahwa film itu gagal mewakili keragaman orang India.

Misalnya, aktor dari negara bagian selatan di mana kebanyakan orang berkulit gelap jarang ada dalam film-film Bollywood arus utama.

Tahun lalu, film "Bala" menampilkan kisah seorang wanita yang menderita diskriminasi karena kulitnya dan aktris Bhumi Pednekar membuat kulitnya menjadi gelap untuk memainkan peran itu.

Pengguna media sosial juga mempertanyakan mengapa Bollywood terus menulis lirik dan dialog yang menyamakan keadilan dengan keindahan.

Seorang aktris terkenal, Kangana Ranaut, berbicara menentang rekan-rekan Bollywoodnya karena mempromosikan produk-produk keadilan.

"Orang-orang ini, terutama selebritis India, yang sukses mendukung semua jenis produk keadilan dan hari ini tanpa malu-malu mereka berdiri dan mengatakan kehidupan hitam itu penting - maksud saya, berapa berani mereka?" katanya kepada BBC dalam sebuah wawancara pekan lalu. (Arab News)

KEYWORD :

Bintang Bollywood Amerika Serikat Priyanka Chopra George Floyd




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :