Kamis, 28/05/2020 14:41 WIB

Tiga Roket Hantam Ladang Minyak AS di Irak

Dua pejabat dengan Basra Oil Company mengatakan serangan itu tidak memengaruhi operasi produksi atau ekspor.

Ladang minyak AS di Irak (foto: Al-Jazeera)

Jakarta, Jurnas.com - Setidaknya tiga roket menghantam dekat situs perusahaan jasa ladang minyak Amerika di Irak selatan. Beruntung serangan itu tak menimbulkan kerusakan atau korban jiwa.

"Roket itu menargetkan situs Halliburton di daerah Burjesia di provinsi Basra yang kaya minyak," kata militer Irak dalam sebuah pernyataan, Senin (06/04) dilansir Aljazeera.

Namun dua pejabat keamanan Irak dan satu di Perusahaan Minyak Basra yang dikelola negara, yang mengawasi operasi minyak di selatan, mengatakan lima roket menghantam daerah itu.

Peluncur roket kemudian ditemukan di jalan Zubair-Shuaiba oleh pasukan keamanan, menurut militer, dengan 11 rudal yang tidak digunakan yang kemudian dijinakkan.

Tidak ada klaim tanggung jawab langsung atas serangan itu. Polisi mengatakan mereka mengerahkan pasukan tambahan untuk menggeledah daerah itu.

Seorang karyawan Irak yang bekerja dengan Halliburton mengatakan roket jatuh jauh dari lokasi.

Distrik ini menampung pekerja minyak asing dan kantor perusahaan minyak asing dan Irak, tetapi sebagian besar kosong dalam beberapa pekan terakhir setelah evakuasi hampir semua personil asing karena krisis coronavirus.

Dua pejabat dengan Basra Oil Company mengatakan serangan itu tidak memengaruhi operasi produksi atau ekspor.

Halliburton adalah penyedia layanan minyak Amerika yang bekerja di ladang minyak Zubair, yang dioperasikan oleh perusahaan energi Italia ENI, atau Ente Nazionale Idrocarburi.

Serangan Senin adalah yang pertama sejak musim panas lalu untuk menargetkan perusahaan minyak AS yang bekerja di selatan yang kaya minyak.

Sebuah roket menghantam sebuah situs pengeboran minyak di Basra Juni lalu, mendarat di dalam raksasa energi perumahan majemuk Exxon Mobil, Shell dan ENI. Tiga pekerja lokal terluka dalam serangan itu.

Kelompok-kelompok paramiliter yang didukung Iran secara teratur meroket dan menembaki pangkalan-pangkalan di Irak - yang menampung pasukan AS - dan daerah di sekitar Kedutaan Besar AS di Baghdad.

TAGS : Ladang Minyak Amerika Serikat Serangan Roket




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :