Selasa, 24/11/2020 22:46 WIB

Sekjen PMI: Wabah Corona Momentum Tingkatkan Solidaritas Bangsa

Perang terhadap corona merupakan perangnya seluruh komponen bangsa.

Sekjen PMI Sudirman Said (kedua dari kiri)

Jakarta, jurnas.com -- Wabah virus Corona menjadi momentum untuk meningkatkan solidaritas antarsesama warga bangsa. Semua pihak harus saling bantu, bahu membahu mencegah penyebaran virus corona di masyarakat.

Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI), Sudirman Said menyampaikan hal itu pada acara Diskusi Publik bertajuk Corona Ujian Kebersamaan Bagi Indonesia, Kamis (5/3/2020) di Univeristas Paramadina, Jakarta.

Sudirman menegaskan, perang terhadap corona merupakan perangnya seluruh komponen bangsa. "Semua pihak harus ikut dalam perang melawan corona. Bukan hanya urusan pemerintah. Semua pihak harus bahu membahu menghadapi masalah  Corona," tandas Sudirman.

Menurut Sudirman, posisi PMI selalu berada di samping pemerintah. PMI akan bersama pemerintah membantu melakukan pencegahan penyebaran virus ini di masyarakat.

"Seluruh relawan dan sumber daya yang dimiliki PMI disiapsiagakan 24 jam untuk membantu pencegahan virus berbahaya ini," terang Sudirman.

Komunikasi Risiko
Selain menyiapkan seluruh sumber daya untuk memerangi corona, PMI juga melaksanakan komunikasi pencegahan risiko corona  (risk communication). PMI di seluruh Indonesia melakukan edukasi kepada masyarakat bagaimana mencegah penyebaran virus corona.

Selain komunikasi langsung ke masyarakat, PMI juga menyiapkan bahan edukasi untuk dibagikan ke masyarakat tentang cara pencegahan penyebaran virus corona.

“Anjuran hidup sehat, menjaga kebersihan, respon bila ada yang terkena, sampai kesiapan teknis tim Palang Merah di berbagai daerah, saat ini sedang terus ditingkatkan," tutup Sudirman.

TAGS : PMI virus corona




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :