Jum'at, 26/04/2024 07:11 WIB

Ikhtiar Sinergi Triple Helix dalam BIG 2019

Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro berharap sinergi triple helix, antara pemerintah, dunia usaha, dan akademisi terjadi dalam Business Innovation Gathering (BIG) 2019.

Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang Brodjonegoro (kanan)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Riset Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang Brodjonegoro berharap sinergi triple helix, antara pemerintah, dunia usaha, dan akademisi terjadi dalam Business Innovation Gathering (BIG) 2019.

Kegiatan yang bakal digelar pada Kamis, 19 Desember 2019 di Gedung Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) itu, akan mempertemukan sejumlah lemmbaga penelitian non-kementerian (LPNK), yakni BPPT, LIPI, BATAN, dan LAPAN.

Sinergi tersebut, lanjut Menteri Bambang, diharapkan pula dapat meningkatkan kapasitas inovasi industri nasional, hilirisasi dan publikasi produk inovasi, sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban publik akan hasil-hasil penguatan inovasi yang telah dicapai periode 2015-2019.

"Cukup banyak hasil inovasi di Indonesia, namun yang selalu menjadi hambatan karena inovasi belum terkoneksi dengan baik ke dunia usaha. Karena itu Kemenristek/BRIN ingin membuat forum supaya ada koneksi dengan industri sehingga industri paham apa yang sedang dan sudah dilakukan peneliti dan litbangjirap" tutur Bambang kepada awak media.

Menteri Bambang mengatakan saat ini ada 49 produk dalam prioritas riset dan inovasi nasional. Ia berharap penyelenggaraan BIG 2019 dapat memperkuat ekosistem riset dan inovasi nasional.

"Saya harap melalui kegiatan ini, ada peningkatan kapasitas riset dan kolaborasi kuat riset dengan dunia usaha," tutupnya.

Dalam acara Business Innovation Gathering (BIG 2019), akan ada sejumlah kegiatan meliputi Business Gathering, yakni forum dialog terbatas antara Menristek/Kepala BRIN dengan para kepala LPNK, dunia usaha, dan para rektor perguruan tinggi berbadan hukum (PTNBH).

Selanjutnya ialah Innovation Show, yang merupakan ajang business matching antara inovator bersama Kamar Dagang Indonesia (Kadin), venture capital, pelaku industri, dan asosiasi.

BIG 2019 juga akan menampilkan produk-produk perusahaan pemula berbasis teknologi (PPBT) di bawah Kemristek/BRIN, di bidang pangan, kesehatan dan obat-obatan, dan TIK.

KEYWORD :

BIG 2019 Kemristek Bambang Brodjonegoro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :