Jum'at, 26/04/2024 21:15 WIB

Guardiola Sarankan Barca Lakukan Ini Jika Messi Pensiun

Guardiola mengatakan dia beruntung memiliki pesepak bola seperti Messi, Andres Iniesta, Xavi dan Dani Alves yang bermain di Barca ketika mereka berada di masa jayanya.

Lionel Messi mengocek lawan

London, Jurnas.com - Pep Guardiola dipuji sebagai salah satu pelatih terhebat yang pernah membesut Barcelona. Namun dia mengakui bahwa keberhasilannya tak lepas dari sosok fenomenal Lionel Messi.

Guardiola mengatakan dia beruntung memiliki pesepak bola seperti Messi, Andres Iniesta, Xavi dan Dani Alves yang bermain di Barca ketika mereka berada di masa jayanya.

"Ada pelatih hebat yang tidak memenangkan apa-apa karena mereka tidak memiliki Messi. Saya cukup beruntung untuk memilikinya, dan Xavi dan Iniesta dan Dani Alves dan Piqué. Dan apa lagi di usia yang sempurna," kata Guardiola kepada Radio Catalunya.

Namun, Guardiola juga mengingatkan bahwa raksasa La Liga itu juga harus bersiap untuk segala kemungkinan, termasuk Messi yang hebat tidak bisa bermain karena pensiun.

"Suatu hari Messi akan pensiun dan Barca harus mengatasinya. Yang perlu dipersiapkan adalah ruang untuk patung itu, cara untuk membayar upeti kepadanya seperti Kubala atau Johan, dan saya tidak ragu mereka akan menemukannya," ujar dia.

Dia juga berbicara tentang bagaimana superstar dalam sebuah tim, bahkan di atas 30, perlu melakukan seperti halnya pemain lain dalam skuad.

"Bintang perlu berlari seperti orang lain, jika bukan tim yang tidak bisa mengatasinya, Anda perlu meyakinkan mereka untuk berlari. Terkadang, Anda berkata kepada mereka, `Saya tidak akan membuat Anda berlari 40 meter seperti atlet berusia 20 tahun di tim, tetapi beri saya alasan untuk tidak berlari`," kata dia.

"Jika seseorang tidak berlari, tetapi mencetak tiga gol setiap pertandingan saya dapat membeli itu, tetapi tidak ada yang mencetak tiga gol dalam permainan, hanya Messi yang mendekat. Saat ini, Anda perlu meminta Messi untuk melakukan upaya singkat. Dia tidak bisa berlari demi berlari, tidak mungkin. Jika Leo berlari seperti dia berlari di musim pertamanya bersama saya, dia akan terluka setiap tiga bulan. Mengelola legenda berusia 30 tahun ke atas adalah hal tersulit bagi seorang pelatih," tandas dia.

KEYWORD :

Pep Guardiola Lionel Messi Barcelona Pensiun




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :