Jum'at, 26/04/2024 19:22 WIB

Kembali Rujuk, Ini 13 Kesepakatan AS-Turki

AS dan Turki mencapai kesepakatan Kamis untuk gencatan senjata dalam serangan mematikan Turki terhadap pejuang Kurdi di Suriah utara.

Bendera kebangsaan Turki bersanding bendera kebangsaan Amerika Serikat (R) (Foto:Aliliance/AA/C. Ozdel)

Jakarta, Jurnas.com - AS dan Turki mencapai kesepakatan Kamis untuk gencatan senjata dalam serangan mematikan Turki terhadap pejuang Kurdi di Suriah utara. Di bawah ini adalah pernyataan bersama AS-Turki tentang kesepakatan tersebut dilansir Foxnews:

1. AS dan Turki menegaskan kembali hubungan mereka sebagai sesama anggota NATO. AS memahami kekhawatiran keamanan sah Turki di perbatasan selatan Turki.

2. Turki dan AS sepakat bahwa kondisi di lapangan, khususnya timur laut Suriah, memerlukan koordinasi yang lebih erat berdasarkan kepentingan bersama.

3. Turki dan AS tetap berkomitmen untuk melindungi wilayah NATO dan populasi NATO terhadap semua ancaman dengan pemahaman yang kuat tentang "satu untuk semua dan semua untuk satu".

4. Kedua negara menegaskan kembali janji mereka untuk menegakkan kehidupan manusia, hak asasi manusia, dan perlindungan komunitas agama dan etnis.

5. Turki dan AS berkomitmen untuk kegiatan D-ISIS / DAESH di timur laut Suriah. Ini akan mencakup koordinasi pada fasilitas penahanan dan orang-orang yang dipindahkan secara internal dari daerah yang sebelumnya dikuasai ISIS / DAESH, sebagaimana diperlukan.

6. Turki dan AS sepakat bahwa operasi kontra-terorisme hanya boleh menargetkan teroris dan tempat persembunyian mereka, tempat penampungan, tempat tinggal, senjata, kendaraan dan peralatan.

7. Pihak Turki menyatakan komitmennya untuk memastikan keselamatan dan kesejahteraan penduduk semua pusat populasi di zona aman yang dikontrol oleh Pasukan Turki (zona aman) dan menegaskan kembali bahwa perawatan maksimal akan dilakukan agar tidak membahayakan warga sipil dan infrastruktur sipil.

8. Kedua negara menegaskan kembali komitmen mereka terhadap kesatuan politik dan integritas wilayah Suriah dan proses politik yang dipimpin PBB, yang bertujuan untuk mengakhiri konflik Suriah sesuai dengan UNSCR 2254.

9. Kedua belah pihak sepakat tentang pentingnya dan fungsi zona aman yang berkelanjutan untuk mengatasi masalah keamanan nasional Turki, untuk memasukkan pengumpulan kembali senjata berat YPG dan melumpuhkan benteng mereka dan semua posisi pertempuran lainnya.

10. Zona aman akan terutama ditegakkan oleh Angkatan Bersenjata Turki dan kedua belah pihak akan meningkatkan kerja sama mereka di semua dimensi pelaksanaannya.

11. Pihak Turki akan menjeda Operation Peace Spring untuk memungkinkan penarikan YPG dari zona aman dalam 120 jam. Operation Peace Spring akan dihentikan setelah selesainya penarikan ini.

12. Setelah Operasi Peace Spring dihentikan, AS setuju untuk tidak melanjutkan pengenaan sanksi lebih lanjut di bawah Perintah Eksekutif 14 Oktober 2019, Memblokir Properti dan Menangguhkan Pemasukan Orang-Orang Tertentu yang Berkontribusi pada Situasi di Suriah, dan akan bekerja dan berkonsultasi dengan Kongres, sebagaimana layaknya, untuk menggarisbawahi kemajuan yang sedang dilakukan untuk mencapai perdamaian dan keamanan di Suriah, sesuai dengan UNSCR 2254. Setelah Operasi Musim Semi Perdamaian dihentikan sesuai paragraf 11, sanksi saat ini berdasarkan Perintah Eksekutif tersebut harus dicabut.

13. Kedua belah pihak berkomitmen untuk bekerja bersama untuk mengimplementasikan semua tujuan yang diuraikan dalam Pernyataan ini.

KEYWORD :

Kesepakatan AS-Turki Suriah Utara




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :