Sabtu, 27/04/2024 01:51 WIB

Pesona Gili Ketapang di Timur Pulau Jawa

Di Jawa Timur, Ketapang menjadi satu objek wisata yang sering dikunjungi di Kabupaten Probolinggo.

Pesona Gili Ketapang di Jawa Timur (Foto: Ngetrip Kemana)

Jurnas.com - Gili Ketapang merupakan pulau kecil di Probolinggo. Gili Ketapang awal mulanya merupakan satu dataran dengan Desa Ketapang, Madura.

Pulau ini memisah saat terjadi bencana alam yaitu Gunung Semeru meletus sehingga menyebabkan gempa yang cukup dahsyat hingga pulau ini memisah dari Pulau Jawa.

Gili Ketapang merupakan pulau di Selat Madura sehingga dihuni oleh Suku Madura. Gili Ketapang memiliki arti sendiri, Gili yang menyebar dan Ketapang adalah nama tempat tersebut. Di Jawa Timur, Ketapang menjadi satu objek wisata yang sering dikunjungi di Kabupaten Probolinggo.

Lokasinya terpaut sekitar 8 kilometer dari pantai utara Probolinggo jadi pulau ini bisa diakses dengan menyeberangi lautan. Akses menuju Gili Ketapang dengan perahu motor atau perahu nelayan dari Pelabuhan Tanjung Tembaga. Sekitar 30 menit sampai 45 menit untuk sampai di Pulau Gili Ketapang.

Pemandangan pertama saat sampai di Pelabuhan Gili Ketapang adalah kapal yang berjejer. Ada banyak sekali perahu nelayan yang bersandar di bibir pantai dengan berbagai ukuran. Mulai dari yang kecil hingga yang besar.

Keindahan laut yang biru, hamparan pasir putih, banyaknya pepohonan dan sejuknya angin akan memanjakan para wisatawan yang mengunjungi pulau tersebut. Dengan luas 68 hektar bukan hanya menyajikan pemandangan alam yang memesona.

Vegetasi karang yang lebih beragam, buat aneka ikan hias lebih banyak ditemui di sini. Selain ikan Nemo, kita juga bisa melihat berbagai jenis ikan yang lain, termasuk ubur-ubur.

Snorkeling menemukan Nemo merupakan salah satu daya tarik untuk menikmati keindahan bawah laut yang dimiliki Gili Ketapang. Selain mengeksplor keindahan bawah laut di Gili Ketapang, para wisatawan dapat melakukan wisata religi dengan mengunjungi Gua Kunci yang merupakan tempat pemakaman ulama penyebar agama Islam di Indonesia.

Jika tidak cukup satu hari untuk berwisata menikmati Gili Ketapang, para wisatawan dapat melakukan berkemah yang disewakan di pulau sekitaran.

Menikmati matahari terbenam dan matahari terbit di pantai timur menjadi daya tarik para wisatawan untuk memilih bisa singgah berlama-lama di Pulau Gili Ketapang. Pada malam hari para wisatawan dapat menikmati makan malam dengan membeli hasil tangkapan dari para nelayan yang menerima kesegarannya. 

KEYWORD :

Gili Ketapang Jawa Timur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :