Sabtu, 27/04/2024 06:58 WIB

Untuk Anak Muda, Yuk Simak Pesan Penting Almarhum Sutopo BNPB Ini

Almarhum Sutopo BNPB meninggalkan pesan penting sebelum wafat yang ditujukan untuk anak-anak remaja saat ini. Apa itu?

Almarhum Sutopo Purwo Nugroho semasa hidupnya. (Foto : Jurnas/Doknet).

Jakarta, Jurnas.com-Kepergian Pahlawan bencana alam Sutopo Purwo Nugroho ke pangkuan Tuhan Yang Maha Esa masih menyisakan duka yang mendalam untuk keluarga dan kerabat serta masyarakat luas. Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini meninggalkan banyak kenangan dan juga kebaikan.

Tidak itu saja, sosok Sutopo juga sangat konsern memberi pesan-pesan positif untuk anak-anak muda. Pria yang meninggal dunia akibat kanker paru-paru yang diakibatkan asap rokok ini, sempat memberikan pesan lewat video untuk anak remaja agak stop merokok.

“Buat generasi muda terutama anak-anak. Jangan merokok. Tidak ada orang yang akan menilai, dia akan kelihatan gagah kalau merokok. Setoplah rokok! Ingat, bukan (untuk) Anda, tapi untuk keluarga Anda, istri Anda, suami Anda, anak-anak Anda dan sebagainya,”kata Sutop di video di Instagram Suara Tanpa Rokok.

Ia dikenal sebagai perokok pasif yang menyebabkan dirinya mengidap kanker paru stadium 4B. Selama hidupnya, Sutopo adalah sosok yang tidak mengkonsumsi rokok. Bahkan ia sangat konsern untuk melakukan gaya hidup sehat.

“Saya bukan perokok, keluarga saya tidak ada yang merokok. Saya hidup sehat. Ada kemungkinan salah satu penyebabnya (kanker paru) adalah saya perokok pasif,” tandas Sutopo dalam video tersebut.

Sutopo dimakamkan di TPU Sonolayu, Boyolali, Jawa Tengah pada Senin, 8 Juli 2019. Ia wafat saat menjalankan perawatan kanker paru di rumah sakit di Guangzhou, Tiongkok pada Minggu, 7 Juli 2019

KEYWORD :

Sutopo Kanker Paru Merokok




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :