Sabtu, 27/04/2024 00:40 WIB

Mahathir Mohammad Janji Serahkan Kursi Kepemimpinan ke Anwar Ibrahim

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad kembali menyatakan akan mundur dari jabatannya dalam waktu tiga tahun

Mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad (Foto: SCMP)

Jakarta, Jurnas.com - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad kembali menyatakan akan mundur dari jabatannya dalam waktu tiga tahun dan menyerahkan kendali pemerintahan kepada Presiden Parti Keadilan Rakyat (PKR) Anwar Ibrahim.

"Sejauh yang saya ketahui, saya telah berjanji bahwa saya akan mundur dan Anwar akan menggantikan saya," ujar Mahathir di Bangkok, seperti dilansir aa Selasa (25/06).

Mahathir mengatakan bahwa pemerintah perlu tiga tahun untuk mengurangi utang Malaysia dari 80 persen produk domestik bruto menjadi 54 persen.

"Tidak, saya tidak akan melampaui tiga tahun," kata Mahathir.

Mahathir mengatakan, prioritasnya adalah membuat jalan agar Malaysia bisa menyelesaikan masalah (utang) ini bahkan setelah dia mundur.

Masalah transisi kekuasaan ini beberapa kali diangkat baru-baru ini, karena tidak ada kerangka waktu pasti yang ditetapkan.

Pada Februari, Datuk Seri Anwar mengatakan dia berharap untuk menjadi perdana menteri dalam waktu tidak lebih dari dua tahun, menambahkan bahwa Mahathir harus diberikan ruang yang cukup untuk memerintah secara efektif selama masa yang sangat sulit dan sulit.

Sebelumnya Pemilihan Umum ke-14, partai-partai anggota koalisi Pakatan Harapan setuju untuk memberikan kesempatan pada Mahathir menjadi perdana menteri selama dua tahun sebelum menyerahkan kendali kepada Anwar Ibrahim.

KEYWORD :

Mahathir Mohamad




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :