Rabu, 16/10/2019 04:23 WIB

UEA Punya Bukti Serangan Tanker Disponsori Negara

Pernyataan itu disampaikan usai menggelar pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Siprus, Nikos Christodoulides, pada Sabtu (15/6).

Kapal tanker pembawa minyak Arab Saudi tiba di Pelabuhan Aden Yaman (Foto: Al Arabiya)

Siprus, Jurnas.com - Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab (UEA), Sheikh Abdullah bin Zayed Al Nahyan mengklaim memiliki bukti, bahwa serangan terhadap tanker minyak di perairan UEA disponsori negara.

Pernyataan itu disampaikan usai menggelar pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Siprus, Nikos Christodoulides, pada Sabtu (15/6).

"Kami akan menyerahkan bukti ini ke Dewan Keamanan PBB, dengan cara yang teknis, terbuka, dan transparan," kata Al Nahyan.

Dalam keterangannya, dikutip dari Associated Press, Al Nahyan tidak mengungkapkan negara sponsor yang melakukan serangan tersebut.

Dia hanya mengatakan bahwa negaranya ingin bekerja dengan negara-negara lain, demi mencegah meningkatnya ketegangan di kawasan Teluk.

"(Yang jelas), serangan ini disponsori oleh negara," tutur dia.

Seperti diketahui, dua kapal tanker Arab Saudi diserang di perairan UEA pada Mei lalu di dekat Emirat Fujairah, yang menurut Dubai sebagai serangan sabotase.

Tidak ada korban jiwa maupun tumpahan minyak akibat serangan tersebut, namun menyisakan kerusakan pada dua kapal Saudi itu.

TAGS : Serangan Tanker Uni Emirat Arab




TERPOPULER :