Sabtu, 27/04/2024 05:56 WIB

China Imbau Warganya Waspada ke AS

warga Tiongkok mengalami pelecehan dari agen-agen penegak hukum AS.

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China, Xi Jinping (Foto: AFP)

Beijing, Jurnas.com - Pemerintah China mengeluarkan peringatan perjalanan ke Amerika Serikat (AS) pada Selasa (4/6). Negara itu menyebut, warga Tiongkok mengalami pelecehan dari agen-agen penegak hukum AS.

Imbauan itu mendesak warga negara China dan badan-badan yang didanai China tetap berhati-hati dan mengambil langkah-langkah pencegahan serta menanggapisecara tepat dan aktif.

Peringatan itu hanya sehari setelah mahasiswa dan akademisi Tiongkok diperingatkan tentang risiko belajar di AS.

Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata China mengeluarkan peringatan terpisah terkait serangan senjata dan kejahatan lainnya.

"Dalam beberapa hari terakhir telah terjadi insiden kekerasan senjata, perampokan dan pencurian di Amerika Serikat," kata kementerian itu, Selasa (5/6).

"Departemen mengingatkan wisatawan China untuk sepenuhnya mengevaluasi risiko ke AS untuk memahami ketertiban umum dari tujuan mereka, undang-undang dan peraturan, dan meningkatkan kesadaran terkait tindakan keselamatan untuk memastikan keselamatan mereka," sambungnya.

"Perusahaan dan warga negara China di AS juga harus mengetahui pelecehan dari lembaga penegak hukum," tambahnya.

Hubungan antara dua negara ekonomi terbesar di dunia memanas dalam beberapa bulan terakhir akaibat perang perdagangan.

Di antara penyebab perang dagang itu memanas adalah, sanksi AS terhadap raksasa telekomunikasi China Huawei, dan dukungan Amerika untuk Taiwan yang diklaim China.

KEYWORD :

Perang Dagang China Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :