Jum'at, 26/04/2024 23:50 WIB

Pola Makan Tidak Sehat Picu Food Carving

Ternyata keinginan makanan dapat dilatarbelakangi kebiasaan atau pola makanan tertentu, seperti apa?

Ilustrasi makanan sehat

Jurnas.com - Tanpa disadari sebagian besar orang pernah menginginkan makanan, yaitu keinginan yang kuat untuk mengkonsumsi jenis makanan tertentu, namun berbeda dengan rasa lapar pada umumnya. Salah satu pemicunya adalah pola makan yang tidak sehat.

Mengenali Craving dan Food Craving

Menginginkan keinginan orang , yaitu keinginan untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu. Nafsu keinginan adalah pertanda tubuh membutuhkan makanan atau nutrisi tertentu. Selain karena rasa lapar, keinginan yang dipicu oleh kegiatan hormonal seperti kehamilan juga stres.

Berbeda dengan keinginan yang ditimbulkan oleh rasa lapar pada umumnya, keinginan makanan adalah keinginan kuat untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu yang tidak berkaitan dengan kebutuhan tubuh. Penjelasannya dapat bervariasi dari berbagai jenis faktor, diuraikan faktor emosional, hormonal serta gabungan dari proses biokimia.

Keinginan makanan dapat dilatarbelakangi kebiasaan atau pola makanan tertentu, seperti kebiasaan makan sedari kecil, seperti mengemil saat menonton TV atau minum kopi di pagi hari.

Kabsudit Diabetes Mellitus & Penyakit Metabolik Kemenkes Dyah Erti Mustikawati MPH mengatakan bahwa jika makanan keinginan tidak dikontrol dengan baik maka yang timbul adalah gaya hidup yang tidak sehat dan dampak penyakit tidak menular.

"Salah satu mencegahnya adalah bisa dengan diet seimbang, mengonsumsi buah dan sayur, mengendalikan gula, garam, lemak, dan meminjam yang mengonsumsi dan tentu saja hanya melakukan aktivitas fisik," ucapnya.

 

KEYWORD :

Pola Makan Food Craving




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :