Sabtu, 27/04/2024 03:07 WIB

Jangan Anggap Remeh Keluhan Saat Hamil

Keluhan saat hamil tidak bisa diabaikan begitu saja, jika Anda merasakan tanda-tanda ini segera konsultasikan.

Ilustrasi mual ibu hamil

Jurnas.com - Rasa sakit saat hamil memang sudah biasa dirasakan ibu hamil. Namun, ada beberapa rasa sakit yang harus ditanggapi jika Anda mengalami sakit tersebut.

Dilansir dari boldsky, rasa sakit saat hamil seperti ini yang harus ditanggapi serius:

1. Rasa sakit di perut bagian tengah dan atas

Rasa sakit di perut bagian tengah dan atas dibarengi dengan muntah dan mual. Penyebabnya bisa karena jantung terbakar, kadar asam dalam tubuh, gangguan pencernaan, keracunan makanan dan lain sebagainya.

Tapi rasa sakit ini juga bisa menjadi preeklampsia, yaitu penyakit yang biasanya terjadi pada minggu ke-20. Tekanan darah naik dari protein pada urin. Segera hubungi dokter jika terjadi.

2. Rasa sakit di perut bagian bawah

Saat hamil, rasa sakit di perut bagian bawah bisa jadi sinyal yang berbahaya. Bisa jadi penyebabnya adalah robekan ligamen yang dianggap normal dan tak berbahaya. Tapi bisa menjadi tanda kehamilan ektopik, yaitu kehamilan yang berkembang di luar rahim. Selain itu, rasa sakit ini bisa menjadi keguguran, lahir prematur atau pecah ketuban.

3. Demam

Jika Anda merasakan demam lebih dari 72 jam maka sebaiknya Anda periksakan ke dokter.

4. Gangguan penglihatan

Jika tiba-tiba Anda mengalami kesulitan penglihatan seperti buram atau penglihatan kabur. Gangguan tersebut bisa jadi indikasi preeklampsia.

5. Pembengkakan di anggota badan dan wajah

Pembengkakan di anggota badan seperti tangan dan kaki bahkan wajah memang normal untuk ibu hamil. Namun, jika pembengkakan ini diperbaiki, ganti penglihatan dan sakit di perut, penting untuk segera dikembalikan ke dokter.

6. Sakit kepala dan muntah

Pusing dan sakit kepala yang sangat menyiksa melepaskan dengan gejala preeklampsia lain. dan jika Anda sering muntah lebih dari 2 kali selama hamil, bisa menjadi hiperemesis gravidarum, yaitu mual dan muntah di masa kehamilan dengan frekuensi serta gejala yang lebih parah dari morning sickness. Segera periksakan diri Anda ke dokter langsungnya.
Sakit saat buang air kecil

Sensasi terbakar saat buang air kecil bisa jadi infeksi saluran kencing. Minta dokter untuk meresepkan antibiotik dan diminta sesuai pemeriksaan yang lebih lengkap. Waspada juga jika Anda sering buang air kecil berisiko diabetes

KEYWORD :

Keluhan Hamil Ibu Hamil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :