Sabtu, 27/04/2024 12:00 WIB

Lukisan Tua Picasso Kembali Setelah Dicuri 20 Tahun

Brand mengatakan dua orang yang memiliki koneksi di dunia seni bawah tanah menghubunginya tentang lukisan itu awal bulan ini. Mereka bilang itu di Belanda

Lukisan tua Pablo Picasso (foto: UPI)

Jakarta, Jurnas.com - Seorang penyelidik seni Belanda mengumumkan pada hari Selasa bahwa ia menemukan lukisan Pablo Picasso yang dicuri kapal pesiar syekh Saudi pada tahun 1999 silam.

Penemuan itu terjadi empat tahun setelah Arthur Brand mulai mencari karya seni kubis yang dilukis pada tahun 1938. Lukisan itu, Potret Dora Maar, dilaporkan dicuri oleh miliarder Saudi Sheikh Abdul Mohsen pada tahun 1999.

"Semua orang mengira itu telah dihancurkan, itulah yang terjadi dengan 90 persen dari semua karya seni curian, karena tidak dapat dijual," kata Brand kepada surat kabar Belanda De Volkskrant dikutip UPI, Rabu (27/03).

Brand mengatakan dua orang yang memiliki koneksi di dunia seni bawah tanah menghubunginya tentang lukisan itu awal bulan ini. Mereka bilang itu di Belanda.

"Mereka mengatakan kepada saya, `Ada di tangan seorang pengusaha yang mendapatkannya sebagai pembayaran, dan dia tidak tahu apa yang harus dilakukan dengan itu,`" kata Brand kepada The New York Times.

"Aku berbicara dengan kedua orang itu dan kami membuat rencana untuk mengeluarkannya dari tangannya," tambahnya.

Kontak membawa lukisan dalam dua kantong sampah ke kediaman Brand, di mana mereka bersulang untuk penemuan lukisan sebelum pergi. Brand mengatakan dia kemudian menggantung lukisan itu di dindingnya.

"Dorongannya terlalu besar; aku tidak bisa menahannya," katanya.

Brand mengatakan seorang ahli Picasso dari Pace Gallery New York mengesahkan lukisan itu sebelum ia menyerahkannya kepada pensiunan detektif Inggris, Dick Ellis, yang mendirikan unit investigasi seni dan barang antik Skotlandia Yard. Lukisan itu sejak itu diberikan kepada perusahaan asuransi.

Brand mengatakan bahwa kontaknya mengatakan seorang pengusaha di Belanda menerima lukisan itu sebagai bentuk pembayaran dan dia tidak yakin apa yang harus dilakukan dengannya. Polisi Prancis dan Belanda mengatakan mereka tidak berniat menuntut pelaku bisnis.

Dora Maar, lahir Theodora Markovitch, adalah seorang fotografer yang menjalin hubungan dengan Picasso dari 1936 hingga 1943. Dia meninggal pada usia 89 tahun 1997.

KEYWORD :

Lukisan Tua Pablo Picasso




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :