Kamis, 17/10/2019 12:05 WIB

Senator dan Aktivis Kecam Catatan HAM Arab Saudi

Anggota Kongres Amerika Serikat (AS), dan aktivis mengecam catatan Hak Asasi Manusia (HAM) Arab Saudi.

Konsulat Jenderal Arab Saudi di Istanbul, Turki pada 9 Oktober 2018 (Foto: Onur Coban/Anadolu Agency)

Washington, Jurnas.com - Anggota Kongres Amerika Serikat (AS), dan aktivis mengecam catatan Hak Asasi Manusia (HAM) Arab Saudi sambil mendesak pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk mengambil tindakan.

Pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi tahun lalu dan penahanan aktivis perempuan yang sedang berlangsung adalah masalah utama dalam konferensi pers yang diinisiasi Human Rights Watch (HRW) di Washington, DC, Jumat (16/3).

Menuduh pemerintah Saudi menyiksa dan melecehkan para tahanan peremluan, Amy Hawthorne, wakil direktur untuk penelitian di Proyek LSM untuk Demokrasi Timur Tengah yang berbasis di Washington, menekankan perlunya AS untuk mengambil sikap yang kuat dalam membela HAM).

"Upaya-upaya ini adalah bagian dari upaya (Putra Mahkota Saudi) Mohammed bin Salman untuk memaksakan otoritarianisme yang keras, untuk mengkonsolidasikan kekuasaan dan untuk menghukum dan merugikan Raja Saudi yang bekerja dengan damai untuk meningkatkan dan memperbaiki masyarakat mereka," kata Hawthorne.

"Pelanggaran HAM ini buruk bagi Arab Saudi dan itu buruk bagi AS" katanya, seraya menambahkan, "para penguasa Saudi membuat kami untuk diam dan mengandalkan impunitas dari kami". (A Jazeera)

TAGS : Arab Saudi HAM PBB Aktivis Perempuan




TERPOPULER :