Sabtu, 23/03/2019 22:04 WIB

KTT Liga Arab-Uni Eropa Digelar di Kota Wisata Laut Merah Mesir

Dibayangi oleh perpecahan dan masalah internal, termasuk pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, krisis Dewan Kerjasama Teluk (GCC), perang regional, dan Brexit, KTT itu bertujuan untuk memperkuat hubungan Arab-Eropa.

KTT dua hari di Sharm el-Sheikh Mesir bertujuan untuk memperkuat hubungan Arab-Eropa (Mohamed el-Shahed/AFP)

Mesir, Jurnas.com - Para pemimpin dari Liga Arab dan negara-negara anggota Uni Eropa untuk melakukan untuk KTT Liga Arab-Uni Eropa di kota wisata Laut Merah Mesir, Sharm el-Sheikh, Senin (25/2).

Dilansir dari Al Jazera, ini merupakan pertama kalinya KTT dilakukan saat kawasan itu menghadapi gejolak dan tantangan politik.

Dibayangi oleh perpecahan dan masalah internal, termasuk pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi, krisis Dewan Kerjasama Teluk (GCC), perang regional, dan Brexit, tujuan KTT dua hari itu untuk memperkuat hubungan Arab-Eropa.

Setidaknya 24 pemimpin Eropa akan disambut Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi, yang akan menjadi ketua bersama KTT dengan Presiden Dewan Eropa Donald Tusk.

Para pemimpin seperti Kanselir Jerman Angela Merkel, dan perdana menteri Italia dan Inggris, Giuseppe Conte dan Theresa May, akan hadir.

Masih belum jelas berapa banyak negara dari 22 anggota Liga Arab yang menghadiri pertemuan itu, terutama apakah Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, yang telah berada di bawah tekanan internasional atas pembunuhan Khashoggi, akan ada di sana.

TAGS : KTT Liga Arab Uni Eropa Mesir




TERPOPULER :