Rabu, 16/10/2019 02:31 WIB

Ini Hewan Pertama Punah akibat Perubahan Iklim

Melomys mirip tikus Bramble Cay yang hidup di pulau kecil berpasir di Australia utara, diketahui belum terlihat dalam satu dekade terakhir.

The Great Barrier Reef (Foto: Reuters/David Gray)

Sydney, Jurnas.com – Australia secara resmi mengumumkan bintang pengerat Great Barrier Reef punah pada Selasa (19/2). Hewan tersebut diyakini sebagai mamalia pertama yang musnah akibat perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia.

Dikutip dari AFP, melomys mirip tikus Bramble Cay yang hidup di pulau kecil berpasir di Australia utara, diketahui belum terlihat dalam satu dekade terakhir.

Para peneliti dari Queensland menyebut faktor kunci musnahnya melomys itu ialah genangan air laut yang naik ke daratan, yang menyebabkan habibat tersebut hilang secara dramatis.

Adapun Kementerian Lingkungan Hidup Australia resmi memasukkan hewat tersebut ke dalam daftar hewan punah, setelah para peneliti berupaya menemukan hewan itu sejak 2014 namun tidak menghasilkan apa-apa.

Data yang tersedia tentang kenaikan permukaan laut dan peristiwa cuaca di wilayah Selat Torres “menunjuk pada perubahan iklim yang disebabkan oleh manusia menjadi akar penyebab hilangnya melom Bramble Cay”, demikian temuan sebuah studi yang dirilis pada 2016.

Melomys rubicola, yang dianggap sebagai satu-satunya spesies mamalia endemik Great Barrier Reef, pertama kali ditemukan di cay pada 1845 oleh orang Eropa yang menembak "tikus besar" untuk olahraga.

TAGS : Hewan Punah Great Barrier Reef Perubahan Iklim




TERPOPULER :