Rabu, 17/07/2019 03:42 WIB

Belanda Butuh Ribuan Perawat, Gaji Rp25 Juta

Pemerintah Belanda dikabarkan sedang membutuhkan perawat dalam jumlah besar seiring meningkatnya penduduk usia tua

Ilustrasi perawat (foto: google)

Jakarta, Jurnas.com - Pemerintah Belanda dikabarkan sedang membutuhkan perawat dalam jumlah besar seiring meningkatnya penduduk usia tua. Hal itu membuka peluang bagi putra-putra tanah air untuk memaksimalkan kesempatan tersebut.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), M. Hanif Dhakiri menilai hal itu merupakan peluang bagi pekerja Indonesia untuk menjadi perawat di negara yang belum banyak ditempati WNI selama ini.

"Ini tentu menjadi peluang kerja baru bagi pekerja Indonesia untuk menjadi perawat di Belanda. Selama ini perawat kita lebih banyak bekerja ke Jepang dan Korea Selatan," kata Hanif Dhakiri saat menerima Presiden Indonesia Diaspora Network, Ebed Litay, di Jakarta, Jumat (8/2).

Sebagai langkah awal untuk menindaklanjuti tawaran tersebut, Hanif mengatakan pemerintah terus menyiapkan kompetensi calon perawat melalui pelatihan di balai-balai latihan kerja milik Kemnaker.

"Kami akan menyiapkan sumber daya manusia Indonesia untuk menjadi perawat di sana melalui pelatihan di balai-balai latihan kerja yang kami miliki. Kita ingin terus meningkatkan jumlah pekerja formal di luar negeri," ujar Hanif.

Sementara itu, Ebed Litay mengatakan, pada Mei 2019 akan dikirim 12 orang perawat asal Indonesia. Namun, jumlah itu masih sangat sedikit. Mengingat saat ini Belanda membutuhkan ribuan perawat untuk bekerja di panti jompo.

Untuk tahap pertama akan berangkat 12 orang ke Belanda pada bulan Mei. Kita bicara dengan Bapak Menteri untuk menambah lagi karena 12 orang masih terlalu sedikit," ungkap Ebed.

Sebagaimana negara-negara Eropa pada umumnya, Belanda sangat membutuhkan perawat karena di sana sedang mengalami penurunan populasi usia produktif. Kebutuhan perawat di Belanda diprediksi sekitar 110 ribu orang.

"Kita sudah menghubungi rumah sakit, asuransi, dan kementerian terkait di Belanda untuk mengetahui jumlah pasti kebutuhan akan perawat lansia di sana," tutur Ebed.

Menurut Ebed, bekerja menjadi perawat di Belanda sangat menjanjikan dari sisi penghasilan. Pekerja di Belanda paling rendah dibayar sekitar 25-30 juta per bulan.

"Gaji perawat saya tidak tahu pasti tapi minimum gaji di Belanda itu 1500 euro atau sekitar 25-30 juta rupiah. Kalau perawat pasti lebih tinggi," ucap Ebed.

TAGS : Kinerja Menteri Tenaga Kerja Belanda Profesi Perawat Menaker Hanif




TERPOPULER :