Sabtu, 27/04/2024 10:16 WIB

Yuk Mengenal Diet Mediteranian!

Ada anggapan diet Mediateranian itu susah karena produknya impor semua, benarkah demikian? Berikut ulasannya. 

Ilustrasi diet turun badan

Jakarta, Jurnas.com - Ada beberapa hasil penelitian ilmiah studi yang dilakukan untuk menganalisa kenapa orang-orang yang mengimplementasikan mediateranian diet, mempunyai level kesehatan yang lebih baik dibanding kesehatan lain, mulai dari panjang umur dan menunda penyakit degeneratifnya.

Biasanya populasi studi yang dilalakukan ini cukup banyak cukup panjang, dengan jumlah yang participan sangat tinggi dan dilihat progresifly dari tahun ke tahun diatas rata-rata dibandingkan dengan pola makan-pola makan yang lain.

Lalu sebenarnya seperti apa diet mediteriania? Menurut Nutrisionist Emilia Achmadi diet mediteriania akan memberikan semua komponen makro nutrisi yang pertama adalah karbohidrat.

"Kalau kita lihat mediternian diet banyak menggunakan sayuran, sayur itu orang kalau bicara karbohidrat orang bicaranya nasi, kentang. No, sayur juga masuk katergori karbohidrat," ucap Emilia.

Kemudian buah juga masuk kategori karbohidrat dan yang kita sebut mediteranian diet mereka mempunyai kekuatan balance antara makronutrisi ini.

"Jadi kalau kita lihat mereka karbohidratnya menggunakan makro diet nutrisi ini, mereka mengkonsumsi roti, tapi jenis rotinya bukan menggunakan tepung gandum yang umumnya di Indonesia gunakan, putih, tepung gandung Indonesia itu (bukan indonesia aja), tapi yang namanya white bread itu tepung gandum yang sudah diolah berkali-kali," jelasnya.

Lalu yang kedua proteinnya, nah jenis proteinnya di mediteranian diet adalah jenis protein Lean. "Lean protein adalah protein yang secara naturan tidak diolah terlalu banyak, tidak ditambahakn lemak berlebihan, tapi dengan sendirinya mengandung lemak yang cukup di dalam produknya," ungkapnya.

Contohnya apa, mediterianian diet itu banyak mengkonsumsi makanan laut, seafood, ikan udang, cumi dan lain-lain sebagainya.

Bagaimana mengolahnya? mereka gunakan olive oil dan kemudian sedikit di grill, mengggunakan olive oil kemudian masuk oven, dan tidak begitu banyak manupulasi, jadi jenis proteinnya berkualitas dan juag lean tidak diberi tambahan lemak berlebihan,

Kesulitan yang biasa dialami orang Indonesia jalani diet ini?

"Kalau bicara mengenai apa yang tersedia, kita tidak usah mencari yang tidak ada, saya juga nggak percaya dengan super food, fiber, flexit, banyaklah gouji berry, no, no, no. Sebab yang tadi saya sebutkan itu punya konten mikro nutrisi spesifik yang dominan tinggi dan baik," imbuhnya.

 

KEYWORD :

Diet Sehat Diet Mediteranian




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :