Sabtu, 27/04/2024 00:46 WIB

MotoGP Pensiunkan Nomor Nicky Hayden

MotoGP akan secara resmi mempensiunkan nomor 69 milik Nicky Hayden dari penggunaan di kompetisi sebagai penghargaan kepada juara dunia 2006 silam.

Nomor 69 milik Nicky Hayden (foto: Autosport)

Jakarta - MotoGP akan secara resmi mempensiunkan nomor 69 milik Nicky Hayden dari penggunaan di kompetisi sebagai penghargaan kepada juara dunia 2006 silam. Sebuah acara akan berlangsung di Grand Prix Amerika di Austin pada April untuk menandai kesempatan tersebut.

Hayden meninggal karena cedera kepala yang diderita dalam kecelakaan lalu lintas di tahun 2017 lalu

Carmelo Ezpeleta, CEO promotor MotoGP Dorna Sports, mengatakan Nicky Hayden adalah salah satu aset terbesar bagi paddock dan contoh yang fantastis sebagai pengendara baik di trek maupun di luar.

"Ini memberi saya kesenangan besar untuk menghormati warisannya sekali lagi dan memastikan # 69 tetap identik dengan legenda dan seorang juara," kata Carmelo dilansir Autosport.

Hayden menggunakan 69 sepanjang karir MotoGP-nya. Dia tiba di lapangan dengan tim Honda sebagai juara AMA American Superbike yang berkuasa pada tahun 2003, dan memenangkan gelar dalam pertarungan dramatis yang terkenal dengan Valentino Rossi di musim keempatnya.

Meskipun Hayden tidak memenangkan perlombaan MotoGP lain setelah tahun kejuaraannya, ia tetap menjadi yang terdepan dengan Honda dan kemudian bergabung dengan tim pabrik Ducati sampai pindah ke tim Aspar satelit pada tahun 2014.

Dia beralih ke World Superbikes, di mana dia menjadi pemenang lomba, untuk 2016 tetapi dia hanya membuat dua penampilan MotoGP karena cedera di akhir tahun itu.

Ayahnya Earl menyebut keputusan MotoGP untuk memensiunkan nomor Hayden suatu kehormatan besar dan senang bahwa itu akan ditandai di Austin.

"Sangat tepat bahwa itu akan dilakukan pada balapan AS karena balapan ini sangat berarti bagi Nicky dan dia sangat menantikan mereka setiap tahun," kata Earl Hayden.

"Bagi saya khususnya ini akan menjadi acara yang sangat istimewa karena 69 adalah nomor saya ketika saya mebalap dan saya sangat bangga melihat Nicky memakai 69 dengan sepeda motornya selama seluruh karirnya," tambahnya.

"Atas nama seluruh keluargaku, aku ingin mengucapkan terima kasih khusus kepada Dorna karena telah menghormati Nicky dengan cara khusus ini bersama dengan banyak gerakan lain yang telah mereka lakukan untuk mendukung kami melalui masa-masa sulit."

Nomor Hayden adalah yang keenam yang secara resmi pensiun dari penggunaan MotoGP.

Shoya Tomizawa # 48, Marco Simoncelli # 58 dan Daijiro Kato # 74 semua ditarik setelah kematian mereka, sementara Kevin Schwantz # 34 dan Loris Capirossi # 65 pensiun karena penghargaan atas prestasi mereka.

KEYWORD :

Kompetisi MotoGP Nicky Hayden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :