Sabtu, 07/12/2019 14:14 WIB

Menkeu AS Menolak Bersaksi di DPR

Dalam sepucuk surat kepada Ketua Komite Richard Neal, Departemen Keuangan AS malah menawarkan seorang pejabat senior agar menjawab pertanyaan anggota dewan soal penutupan.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin (Foto: Google)

Washington – Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Steve Mnuchin menolak permintaan komite pajak DPR AS, agar dirinya menjadi saksi tentang dampak penutupan kantor pemerintah oleh Presiden AS Donald Trump.

Dalam sepucuk surat kepada Ketua Komite Richard Neal, Departemen Keuangan AS malah menawarkan seorang pejabat senior agar menjawab pertanyaan anggota dewan soal penutupan.

“Jika tujuan audiensi mendatang ialah untuk memberi tahu Kongres dan publik, kami takin bahwa tujuan akan dilayani dengan baik oleh kesaksian pejabat departemen senior dengan keahlian mendalam dan luas mengenai audiensi tersebut,” ujar Mnuchin dalam surat yang disampaikan oleh Jennifer Bang.

Surat ini direspon keras oleh Kongres AS. Neal menyebut Mnuchin harus datang untuk menjelaskan masalah-masalah keuangan akibat kebijakan Trump.

“Dengan lebih dari 70.000 karyawan Departemen Keuangan cuti dan kehilangan gaji, saya percaya Sekretaris Mnuchin sendiri harus muncul di depan komite kami dan menjawab pertanyaan anggota,” kata Neal.

Sekitar seperempat dari pemerintah federal tutup pada 22 Desember atas permintaan Presiden Donald Trump untuk $ 5,7 miliar untuk mendanai tembok di sepanjang perbatasan AS-Meksiko, yang ditentang Demokrat.

Dilansir dari Reuters, penutupan kantor pemerintah memasuki hari ke-27 pada Kamis kemarin, dengan hampir 800.000 karyawan federal yang tidak lagi dibayar.

Sementara itu, musim pengajuan pajak AS akan dimulai pada 28 Januari dan berlangsung hingga batas waktu pengarsipan 15 April.

TAGS : Menteri Keuangan AS Steve Mnuchin Penutupan Kantor




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :