Sabtu, 27/04/2024 00:06 WIB

Qatar Tekuk Arab Saudi tanpa Balas

Almoez Ali membuka skor untuk Qatar dengan menjebol gawang Arab Saudi menggunakan kaki kanan lewat umpan silang yang cemerlang dari Abdelaziz Hatim.

Momen saat Qatar mengalahkan Korea Utara 6-0 setelah mengalahkan Lebanon 2-0 dalam pertandingan grup pembuka mereka (Foto: Suhaib Salem/Reuters)

Doha - Qatar tekuk Arab Saudi dengan tanpa balas 2-0 di Piala Asia AFC 2019. Pertemuan pertama antara kedua negara Teluk sejak dimulainya krisis diplomatik besar pada Juni 2017.

Rival Teluk itu berhadapan di ibukota Emirati, Abu Dhabi, pada Kamis (17/1) untuk pertandingan yang dijuluki "Blockade Derby" untuk menentukan pemenang Grup E.

Almoez Ali membuka skor untuk Qatar dengan menjebol gawang Arab Saudi menggunakan kaki kanan lewat umpan silang yang cemerlang dari Abdelaziz Hatim.

Sebelum pertandingan hari ini, pemain berusia 22 tahun itu mengoleksi lima gol di kompetisi. Ia merupakan pemain pertama yang mencetak tujuh gol di babak grup sejak tahun 2000.

The Maroons, di bawah pelatih kepala Felix Sanchez, menunjukkan kualitas yang layak maju terus. Hal itu tampak setelah negara kayak gas alam itu mampu mengalahkan Korea Utara dan Libanon.

Qatar mampu melumpuhkan dan menjebol gawang Lebanon 2-0 dalam pada pertandingan grup pembuka mereka, sebelum mengalahkan Korea Utara 6-0.

Tuan rumah Piala Dunia 2022 kini akan menghadapi Irak di babak 16 besar pada hari Selasa, sementara Arab Saudi, yang lolos sebagai runner-up di Grup E, akan menghadapi Jepang pada Senin.

Sebelumnya, krisis Teluk masih membayangi turnamen menyusul blokade darat, laut dan udara yang mencegah penggemar Qatar menghadiri pertandingan dan mendukung tim nasionalnya.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain dan Mesir memutus semua hubungan politik, diplomatik dan ekonomi dengan Qatar pada Juni 2017, menuduh Doha mengupayakan hubungan yang lebih dekat dengan Iran dan "mendukung terorisme".

Qatar dengan keras membantah perubahan itu. Emir Qatara, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, mengatakan, siap untuk melakukan pembicaraan dengan tetangganya tetapi tidak mau menyerahkan kedaulatan negaranya.

KEYWORD :

Arab Saudi Piala Asia 2019 Negara Teluk Qatar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :