Jum'at, 26/04/2024 12:20 WIB

India Seret Paksa Muslim Arakan ke Myanmar

Kelima orang warga Myanmar itu adalah kelompok kedua yang dikembalikan paksa ke Myanmar.

Foto ilustrasi pihak otoritas di India mendeportasi sekolompok Muslim Arakan ke Myanmar

New Delhi  - Pihak berwenang di India mendeportasi satu keluarga warga Muslim Arakan yang terdiri dari tiga pria dan dua wanita, yang memasuki negara itu secara ilegal.

Juru bicara polisi India, Bhaskar Jyoti Mahanta mengkonfimasi, satu keluarga Muslim Arakan itu dideportasi ke Myanmar melalui pintu perbatasan Moreh di provinsi Manipur, timur India.

Mereka yang dideportasi itu sempat ditahan pihak berwenang di India pada  2014 di bagian timur laut negara itu karena mereka tak memiliki dokumen perjalanan yang sah dan mereka ditahan sejak saat itu.

Pemerintah India sudah kali keduanya mendeportasi warga Muslim Arakan ke Myanmar setelah pemerintah nasionalis Hindu Perdana Menteri Nerandra Modi pada 2017 mengambil keputusan mendeportasi pengungsi Muslim Arakan yang memasuki negara itu secara ilegal.

Dilansir dari Anadolu, sebelumnya, pemerintah India juga mendeportasi tujuh orang yang memasuki negara itu pada 2012 lalu.

Diperkirakan ada sekitar 40 ribu Muslim Arakan di berbagai negara bagian di India. Hanya 15 ribu di antaranya terdaftar sebagai pengungsi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

KEYWORD :

Muslim Arakan Etnis Rohingnya Pengungsi Ilegal India




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :