Sabtu, 27/04/2024 11:18 WIB

Trump Menghina Bantuan India di Afghanistan

New Delhi  memberikan USD3 miliar atau Rp43,044 trliun dalam bentuk bantuan pembangunan kepada negara yang dilanda perang.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump (Foto: AP)

New Delhi - Pemerintah India memilih bungkam menanggagpi komentar Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengejek Perdana Menteri Narendra Modi karena mendanai perpustakaan di Afghanistan.

Trump mengatakan, New Delhi  memberikan USD3 miliar atau Rp43,044 trliun dalam bentuk bantuan pembangunan kepada negara yang dilanda perang. "Anda tahu apa itu? Itu seperti lima jam dari apa yang negara kami habiskan," kata Trump dilansir Al Jazeera.

"Dan kita seharusnya mengatakan, `Oh, terima kasih atas perpustakaannya.` Saya tidak tahu siapa yang menggunakannya di Afghanistan," kata Trump.

Sumber-sumber pemerintah di New Delhi mengatakan kepada AFP, "India memainkan peran penting sebagai mitra pembangunan, di Afghanistan, dengan proyek-proyek yang bertujuan mencapai peningkatan nyata dalam kehidupan rakyatnya."

Sebagai donor terbesar di kawasan ini, New Delhi telah membantu proyek-proyek infrastruktur, bantuan kemanusiaan, dan pembangunan ekonomi, kata pernyataan itu.

Proyek-proyek itu meliputi jalan 218 kilometer, bendungan yang menyediakan irigasi bagi petani dan program pelatihan untuk lebih dari 3.500 warga Afghanistan di India.

New Delhi juga  menyediakan 1,1 juta ton gandum ke Afghanistan serta rumah sakit 400 tempat tidur anak-anak yang dibangun pada 1972 dan direnovasi setelah jatuhnya Taliban pada 2002.

KEYWORD :

Donald Trump Amerika Serikat India Afganistan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :