Selasa, 24/09/2019 02:40 WIB

Kim Jong un Surati Pemimpin Korea Selatan

Juru bicara kepresidenan Seoul, Kim Eui-Kyeom mengatakan, Kim Jong un mengirim surat pribadi kepada Presiden Moon, pada Minggu (30/12) waktu setempat.

Moon Jae In dan Kim Jong-un (Foto: Kapamilya)

Pyongyan - Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un meminta perundingan damai dilanjutkan tahun depan lewat sepucuk surat kepada Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in.

Juru bicara kepresidenan Seoul, Kim Eui-Kyeom mengatakan, Kim Jong un mengirim surat pribadi kepada Presiden Moon, pada Minggu (30/12) waktu setempat.

"Melalui surat itu, dia menyampaikan salam hangat dalam rangka akhir tahun 2018 dan mengajak untuk berunding kembali demi perdamaian dan kemakmuran di Semenanjung Korea," ungkap Eui-Kyeom seperti dilansir kantor berita Yonhap.

"Kim juga mengatakan bahwa kedua pemimpin itu telah mengambil langkah-langkah praktis tahun ini untuk mengatasi konfrontasi yang berlangsung sejak lama di perbatasan mereka," jelas juru bicara itu.

"Pemimpin Kim menegaskan bahwa dia ingin bertemu Presiden Moon sesering mungkin tahun depan untuk meningkatkan diskusi tentang denuklirisasi Semenanjung Korea," sambungnya.

Moon kemudian menyatakan terima kasih kepada pemimpin Korea Utara lewat media sosial. Dia mengatakan Korea Selatan akan selalu menyambut kunjungan Kim ke Seoul dengan tangan terbuka.

"Meskipun akan ada banyak kesulitan, hati kita akan terbuka satu sama lain tergantung pada seberapa banyak upaya yang kita lakukan," tambah Eui-Kyeom.

Kedua pemimpin Korea bertemu tiga kali tahun ini, yaitu pada April, Mei, dan September. (aa)

TAGS : Dua Korea Kim Jong-un Moon Jae-in




TERPOPULER :