Jum'at, 26/04/2024 13:54 WIB

Darurat Bantuan di Yaman

Orang-orang di negara Yaman sekarang memotong pohon dan memakannya

Seorang anak-anak memegang kertas berisi imbauan untuk segera mengakhiri perang di Yaman (Foto: Khaled Abdullah/Reuters)

Sana`a - Wakil Menteri Administrasi Lokal Yaman, Hasan Alsoudi mengatakan, Yaman menyerukan lebih banyak bantuan kemanusiaan dan perlindungan dari Turki.

"Ada kebutuhan mendesak akan bantuan kemanusiaan di Yaman. Orang-orang di negara kita sekarang memotong pohon dan memakannya. Kami mendesak semua donatur di Turki untuk menyelamatkan bahkan satu orang di Yaman," kata Alsoudi kepada Anadolu.

"Terutama kami mengucapkan selamat dan terima kasih kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bagi kami sekarang untuk mengumpulkan bantuan di Turki dan untuk serius menarik dalam masalah umat Islam," tegasnya.

Alsoudi mengatakan bantuan yang diterima dari Turki telah meningkat dari hari ke hari dan banyak lembaga dan organisasi non-pemerintah terus mengirim uang ke Yaman.

"Bantuan dari Turki terus sampai di Yaman. Kami ingin Turki membantu lebih banyak dan melindungi Yaman," tambahnya.

Alsoudi mengatakan 22 juta orang di Yaman membutuhkan makanan yang mendesak dan sekitar 4 juta orang mengungsi. "Kami sangat membutuhkan pakaian, makanan, dan selimut. Kami juga sangat membutuhkan dukungan pendidikan," kata Alsoudi.

Badan keagamaan Turki telah meluncurkan kampanye bantuan untuk mengumpulkan uang bagi orang-orang di Yaman yang dilanda perang.

Diluncurkan oleh Direktorat Urusan Agama Turki (Diyanet) dan Turkiye Diyanet Foundation (TDV), kampanye akan mengumpulkan uang untuk Muslim Yaman, yang berjuang melawan kelaparan, penyakit, dan perang sipil.

Yaman dilanda kekerasan sejak 2014 ketika kelompok pemberontak Houthi menguasai sebagian besar negara itu, dan krisis meningkat pada 2015 saat koalisi yang dipimpin Saudi melancarkan kampanye udara untuk mengembalikan Houthi.

Puluhan ribu orang, termasuk warga sipil, diyakini telah dibunuh, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan bahwa sekitar 14 juta warga Yaman beresiko kelaparan.

KEYWORD :

Darurat Kemanusiaan Yaman Turki




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :