Jum'at, 26/04/2024 09:22 WIB

Trump Kantongi Sejumlah Nama Pengganti John Kelly

Menurut sumber yang dikutip oleh Reuters, nama-nama tersebut ialah politisi Partai Republik Mark Meadows, mantan penasihat kampanye David Bossie, dan mantan Gubernur New Jersey Chris Christie.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin (Foto: Google)

Washington – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kabarnya sudah mengantongi beberapa nama kandidat Kepala Staf Gedung Putih, menggantikan John Kelly yang akan angkat koper pada akhir tahun ini.

Menurut sumber yang dikutip oleh Reuters, nama-nama tersebut ialah politisi Partai Republik Mark Meadows, mantan penasihat kampanye David Bossie, dan mantan Gubernur New Jersey Chris Christie.

Sumber lainnya mengatakan bahwa Trump juga berpeluang memilih Perwakilan Perdagangan AS Robert Lightizer untuk posisi tersebut.

Lighthizer menjadi buah bibir di pemerintahan Trump atas perannya melakukan negosiasi perdagangan. Dia juga dikenal sebagai sosok yang memimpin pembicaraan antara pemerintah AS dan Cina di tengah Perang Dagang kedua negara.

“Argumen untuk Lighthizer adalah dia akan dapat menavigasi negosiasi perdagangan - yang dapat menjadi bagian yang menentukan dari kepresidenan, dan telah menjalankan perusahaan besar," kata seorang pejabat yang akrab dengan proses tersebut.

Sebelumnya nama Nick Ayers digadang-gadang sebagai kandidat kuat pengganti Kelly. Namun Kepala Staf Wakil Presiden Mike Pence itu menolak tawaran menjadi pelayan Trump selama dua tahun ke depan.

Menjadi Kepala Staf Gedung Putih menggantikan Kelly bukan perkara mudah. Sosok kepala staf harus menavigasi lingkungan politik yang menantang, karena Trump akan memulai tahun ketiganya, dan bersiap untuk kampanye kembali pada 2020.

Sementara di luar Gedung Putih, Partai Demokrat yang memenangkan kursi mayoritas di Dewan Perwakilan Rakyat, menjadi ancaman bagi Trump, sebab penyelidikan Rusia untuk mengungkap perselingkuhan Trump dan Moskow makin diintensifkan.

Selain empat nama di atas, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin juga ingin mendapatkan posisi tersebut. Orang dekat Mnuchin mengatakan, Menkeu AS yakin bisa melayani Trump dengan baik.

KEYWORD :

Donald Trump John Kelly Gedung Putih




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :