Kamis, 13/12/2018 16:04 WIB

G7 Deklarasikan Dukungan kepada Ukraina

G7 mengatakan tidak ada pembenaran menggunakan kekuatan militer Rusia terhadap kapal Ukraina dan personel angkatan laut.

Kapal Rusia memblokir perairan Selat Kerch dari kapal militer Ukraina (Foto: Reuters)

Kiev, Ukraina - Menteri luar negeri dari tujuh ekonomi terbesar dunia, mengutuk tindakan Rusia di Selat Kerch. Kelompok Tujuh (G7, Red), kembali menegaskan dukungan terhadapa kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina.

Pernyataan anggota G7 (Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Perwakilan Tinggi Uni Eropa, Red) pada Sabtu (31/11) mengatakan, tidak ada pembenaran menggunakan kekuatan militer Rusia terhadap kapal Ukraina dan personel angkatan laut.

"Kami mendesak menahan diri, karena menghormati hukum internasional, dan pencegahan eskalasi lebih lanjut. Kami menyerukan kepada Rusia untuk melepaskan awak dan kapal yang ditahan dan menahan diri dari melanggar hukum melalui Selat Kerch," kata pernyataan itu.

"Kami, G7, sekali lagi menegaskan bahwa kami tidak, dan tidak akan pernah, mengakui aneksasi ilegal Rusia di semenanjung Krimea, dan kami menegaskan kembali dukungan tak tergoyahkan kami untuk kedaulatan Ukraina dan integritas teritorial," sambungnya.

Olexiy Makeyev, direktur politik di kementerian luar negeri Ukraina, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa Ukraina membela diri dari agresi Rusia. "Kami mengandalkan dukungan dari mitra Amerika kami dan kami menikmati dukungan penuh juga oleh Uni Eropa," katanya.

TAGS : Ekonomi Dunia Kelompok G7 Ukraina Rusia




TERPOPULER :