Sabtu, 27/04/2024 05:24 WIB

Prancis Setop Penjualan Senjata ke Arab Saudi

Pemerintah Denmark berharap negara Uni Eropa lainnya juga membekukan penjualan senjata ke Arab Saudi seperti yang telah dilakukan Jerman.

Ilustrasi penjual senjata (Foto: Reuters)

Kopenhagen - Pemerintah Denmark menangguhkan penjualan senjata ke Arab Saudi. Keputusan itu menyusul krisis kemanusiaan di Yaman dan pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi.

"Sudah saatnya Eropa mengirim peringatan yang jelas kepada Arab Saudi," kata pernyataan resmi Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Denmark, Kamis (22/11) waktu setempat.

Dalam surat tersebut, Menteri Luar Negeri Denmark, Anders Samuelsen berharap negara Uni Eropa lainnya juga membekukan penjualan senjata ke Arab Saudi seperti yang telah dilakukan Jerman.

Samuelsen juga mengkritik sikap Amerika Serikat terhadap Negeri Petro Dolar yang bergerak berlawanan dengan Eropa dan memutuskan akan terus menjual senjata yang bernilai miliaran dolar ke negara tersebut.

Dilansir Anadolu, langkah Denmark menangguhkan penjualan senjata ke Arab Saudi itu dilakukan setelah Jerman menghentikan semua penjualan senjata ke Riyadh. Sementara Prancis dikabarkan juga akan segera memutuskan sanksi atas pembunuhan wartawan Saudi itu.

KEYWORD :

Jamal Khashoggi Arab Saudi Donald Trump Denmark




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :