Sabtu, 27/04/2024 00:51 WIB

Kemitraan dan Dukungan Lintas Sektor di Kawasan Transmigrasi

Dirjen PKTRans M Nurdin menyampaikan,  rapat ini bertujuan untuk mengupayakan percepatan pembangunan dan pengembangan Kota Terpadu Mandiri.

Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi M Nurdin (kedua dari kanan) memimpin rapat koordinasi lintas sektor dalam rangka menindaklanjuti coorporate agreement

Mataram - Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi M Nurdin memimpin rapat koordinasi lintas sektor dalam rangka menindaklanjuti coorporate agreement antara Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa, PT Alam Bumi Cemerlang atau  Konsorsium Korea Selatan Gymco dilaksanakan di Hotel Golden Palace Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Rapat ini bertujuan untuk menindaklanjuti rumusan yang sudah dirancang sebelumnya. Dalam rapat ini melibatkan pihak swasta yang diwakili oleh PT Alam Bumi Cemerlang dan pemerintah daerah kabupaten Sumbawa.

Rapat koordinasi ini digagas oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Kawasan Transmigrasi – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dalam rapat ini juga dihadiri oleh Direktorat Teknis di lingkungan Ditjen PKTrans dan Ditjen PKP2Trans, Pemerintah Provinsi NTB, Kabupaten Bima dan Kabupaten Sumbawa.

Dalam keterangan lainnya pemerintah daerah kabupaten Sumbawa yang diwakili Sekda setempat,  mendukung penuh percepatan pembangunan di Teluk Santong dan berupaya penuh menyelesaikan dokumen yang menyangkut masalah perijinan.

“Saat ini yang menjadi fokus di sini menyelesaikan pembangunan di Teluk Santong,” demikian yang disampaikan Sekda Kabupaten Sumbawa (mataram,12/11/2018).

Pada kesempatan itu dilaksanakan juga rapat pokja dalam rangka percepatan pembangunan dan pengembangan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Tambora Kabupaten Bima dan KTM Labangka Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB yang dihadiri oleh stakeholder di wilayah Kabupaten Bima dan Kabupaten Sumbawa.

Dirjen PKTRans M Nurdin menyampaikan,  "Rapat ini bertujuan untuk mengupayakan percepatan pembangunan dan pengembangan Kota Terpadu Mandiri (KTM) Tambora di Kabupaten Bima dan Kota Terpadu mandiri (KTM) Labangka Kabupaten Sumbawa provinsi Nusa Tenggara Barat".

“Perlunya kerjasama yang baik antar sektor untuk mencapai target yang sudah diprogramkan khususnya di KTM Tambora dan KTM Labangka juga kawasan transmigrasi pada umumnya," demikian paparan yang disampaikan Dirjen Pktrans pada sambutannya.

Seperti  sudah kita ketahui kawasan transmigrasi telah berkontribusi pada pembangunan di daerah daerah di wilayah Indonesia dan telah melahirkan kisah sukses para transmigran yang berhasil mengembangkan ekonomi warga sekitar dengan produk unggulan yang dihasilkan di kawasan transmigrasi.

Pengembangan pembangunan di kawasan transmigrasi tentu memiliki tujuan misi untuk mewujudkan akselerasi pusat pertumbuhan ekonomi baru yang berpijak pada kebijakan pengembangan kawasan transmigrasi.

Dan sinergi pemerintah pusat dengan  pemerintah daerah serta pihak swasta akan lebih cepat dalam pengembangan pembangunan, khususnya perekonomian di kawasan transmigrasi. Untuk itu upaya upaya dan evaluasi kerja terus ditingkatkan  untuk mencapai target dan sasaran yang menjadi skala prioritas pembangunan di daerah daerah kuhususnya di wilayah transmigrasi. (*)

KEYWORD :

Percepatan Pembangunan Kawasan Transmigrasi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :