Sabtu, 27/04/2024 01:33 WIB

Baznas Sabet Penghargaan Organisasi Nirlaba Terbaik

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berhasil menyabet Anugerah Syariah Republika 2018 untuk kategori organisasi nirlaba terbaik.

Penganugerahan syariah Republika, Kamis (08/11) di Jakarta

Jakarta - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) berhasil menyabet Anugerah Syariah Republika 2018 untuk kategori organisasi nirlaba terbaik.

Penghargaan ini diumumkan oleh Pemimpin Redaksi Republika, Irfan Junaedi kepada Wakil Ketua Baznas. Zainulbahar Noor.

Zainulbahar Noor menyebut Anugerah Syariah Republika 2018 ini kembali menjadi bukti atas kinerja Baznas yang terus meningkat dalam pengelolaan zakat.

“Alhamdulillah Baznas menerima penghargaan dari Republika atas kinerjanya dalam bidang manajemen zakat, penghimpunan dan pendistribusiannya. Penghargaan ini akan menambah semangat kami untuk meningkatkan layanan kepada orang-orang, ”ujar Zainulbahar usai menerima penghargaan di acara Anugerah Syaiah Republika di Hotel JW Marriott, Jakarta, Kamis malam (8/11).

"Anugerah ini melengkapi GIFA Award 2018, sebuah penghargaan internasional yang juga pernah diterima oleh Presiden RI dan presiden di dunia, yang diadakan di Sarajevo Bosnia dan mengajar Ketua Baznas Prof Dr Bambang Sudibyo Selama,” tambahnya.

Zainulbahar menyebut, pihaknya diundang dalam acara Side Event ECOSOC Forum PBB di Markas Besar PBB pada 23 April 2018 memberikan informasi bersama-sama dengan pembicara kunci Menteri PPN / Kepala BAPPENAS, Bambang Brojonegoro, Menteri Keuangan Bangladesh, Orang Pertama UNDP Bapak Achim Steiner dalam topik bahasan Inovatif Pembiayaan untuk SDGs, Peran Keuangan Islam.

“Pada pidatonya, Mr. Achim Steiner menyatakan bahwa untuk pertama kalinya dana zakat dalam tujuan SDGs dalam kerjasama UNDP dengan Baznas menyediakan Pembangkit Lstrik Tenaga Mikro Hidro di Jambi. Peresmian PLTMH ini telah dilakukan oleh Menteri PPN / Kepala Bappenas Prof Dr Bambang Brodjonegoro dua bulan yang lalu, ”papar Zainulbahar yang pernah memeriksa Dirut Bank Muamalat.

Lebih lanjut, ia menerangkan pihaknya juga diundang oleh UNDP New York untuk melaksanakan diskusi-diskusi di UNDP Head Quarter, dan diundang dalam acara Forum Satu Hari yang terkait dengan SDG yang diselenggarakan oleh Kelompok Bank Dunia bersama UNDP dan Pemerintah Slovakia.

“Di dalam pembahasan-pembahasan yang jelas dilakukan yang PBB, dalam hal ini UNDP dalam pencapaian tujuan SDGs tidak akan berubah total menjadi dana-dana donasi tetapi tidak ada dana, yaitu zakat, wakaf, infak dan sedekah,"tuturnya.

KEYWORD :

Baznas Nirlaba Terbaik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :