Jum'at, 16/11/2018 01:33 WIB

Satgas Pangan Curiga Ada Oknum Sulap Beras Medium jadi Premium

Ketua Satgas Pangan Pusat Irjen Setyo Wasisto mengungkapkan, ada oknum merubah spesifikasi beras dari medium menjadi premium.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman bersam Budi Waseso memantau pasokan dan harga pangan di Pasar Induk Keramat Jati dan Pasar Induk Beras Cipinang, Kamis (8/11)

Jakarta - Kenaikan harga beras medium belakangan ini disebut-sebut sebagai anomali. Pasalnya stok beras saat ini dalam keadaan stabil. Tercatat di gudang Bulog masih sekitar 2,7 ton, sementara di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) 50 ribu ton.

Ketua Satgas Pangan Pusat Irjen Setyo Wasisto saat mendampingi Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan sidak pasar di PIBC subuh tadi, mengungkapkan, ada oknum merubah spesifikasi beras dari medium menjadi premium.

"Ini menjadi tugas saya sebagai satgas pangan untuk melakukan pengawasan. Kita akan lakukan cek di lapangan dan melakukan uji laboratorium juga atas kualitas beras yang ada di lapangan," tarang Setyo Wasisto.

"Ini penting dilakukan agar apa masyarakat membeli beras sesuai dengan kriterianya, baik medium maupun premium. Agar tidak ada konsumen yang dirugikan," sambungnya.

Di luar persoalan anomali harga beras medium, Bank Indonesia (BI) mencatat dalam tiga tahun terakhir Indonesia berhasil menjaga stabilitas harga pangan, sehingga menurunkan sangat signifikan angka inflasi pangan.

"Inflasi pangan 2010 cukup tinggi, 10 persen. Memang 2-3 tahun terakhir berhasil ditekan terakhir menjadi 1,29 persen. Bahkan tiga  tahun berturut-turut harga pangan stabil. Lebaran 2 tahun terakhir juga sangat stabil, Oktober kemarin bahkan pangan deflasi," jelas Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi DKI Jakarta, Trisno Nugroho.

Komoditas pangan yang menyumbang penurunan inflasi di antaranya beras, daging ayam ras, juga telur. Ia memastikan Pangan tidak ada masalah di tahun-tahun ini.

"Kami juga memberi proyeksi terkendali sampai akhir tahun ini. Ini rekor, baik sekali di DKI Jakarta TPID nya melihat bahwa 2-3 tahun terakhir pangan nggak ada masalah," kata Trisno Nugroho.

TAGS : Oplos Beras Harga Beras Impor Beras




TERPOPULER :