Selasa, 26/03/2019 05:16 WIB

Ilmuwan Temukan Fosil Dinosaurus 110 Juta Tahun

Sisa-sisa fosil dari tiga dinosaurus berasal dari kelompok herbivora sauropoda, di antaranya Diplodocus dan Brontosaurus.

Dinosaurus dari kelompok herbivora Sauropoda (Foto: SBS)

Madrid – Sebuah tim ahli paleontologi Spanyol dan Argentina menemukan sisa-sisa fosil dinosaurus yang hidup 110 juta tahun lalu. Fosil yang ditemukan di pusat kota tersebut diumumkan di Universitas Nasional La Matanza, Argentina.

Dilansir dari AFP, sisa-sisa fosil dari tiga dinosaurus berasal dari kelompok herbivora sauropoda, di antaranya Diplodocus dan Brontosaurus. Sementara satu spesies lainnya merupakan spesies baru yang diberi nama Lavocatisaurus agrioensis.

“Kami menemukan sebagian besar tulang tengkorak, moncong, rahang, gigi, juga tulang yang membentuk rongga mata. Dengan cara itu, rekonstruksi kami hampir selesai,” kata Jose Luis Carballido, peneliti museum Egidio Feruglio.

Carballido menyampaikan, dan pencarian tersebut, bagian leher, ekor, dan punggung dinosaurus juga ditemukan.

Dia menambahkan, sisa-sisa fosil diperkirakan berasal dari dinosaurus dewasa sepanjang 12 meter, dan dua anak dinosaurus di bawah umur, dengan panjang mencapai 6-7 meter.

“Ini bukan hanya spesies baru di daerah di mana Anda tidak akan menemukan fosil, tetapi tengkoraknya hampir lengkap,” ujar Carballido.

Sauropoda merupakan makhluk terbesar yang pernah ada di Bumi. Hal ini diyakini bahwa Supersaurus bisa mencapai panjang hingga 33-34 meter, dan Argentinosaurus mungkin memiliki berat hingga 120 ton.

Gambarannya, Sauropoda merupakan hewan berkaki empat, herbivora, leher dan ekor panjang, serta tubuh besar dan kepala kecil.

TAGS : Fosil Dinosaurus Ahli Paleontologi




TERPOPULER :