Jum'at, 22/01/2021 03:38 WIB

Di Sulawesi Tengah, Menteri Amran Panen Raya Padi 32.000 Hektare

Sebanyak 32.000 hektare tanaman padi menguning menghiasi seluruh areal persawahan petani, di 23 kecamatan, kabupaten Parigi Moutong

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman Panen Padi di Desa Palapi, Kecematan Kasimbar, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (1/11).

Parigi Moutong - Kabupaten Parigi Moutong, di Provinsi Sulawesi Tengah, yang baru saja melewati masa sulit, akibat bencana alam, kini mulai menatap masa depan, memasuki masa panen raya, walau masyarakat belum pulih 100  persen.

Namun saat ini, masyarakat mulai melakukan kegiatan keseharian, panen dan langsung menyiapkan lahan pertanaman,  karena musim panen kali ini disaat musim penghujan .

Sebanyak 32.000 hektare tanaman padi menguning menghiasi seluruh areal persawahan petani, di 23 kecamatan, kabupaten Parigi Moutong.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, bersama Bupati Parigi Moutong, Syamsurizal Tombolotutu, hadir menyaksikan panen petani, di Desa Palapi, Kecamatan Kesimbar, Kamis, (1/11).

Seluas 429 hektare lahan padi petani menguning ke emasan, menumbuhkan rasa semangat untuk kembali bekerja. Menteri Amran, turut bahagia, melihat petani kabupaten Parigi Moutong  yang bersemangat berkumpul dan menyampaikan berbagai aspirasi. Tidak hanya berkaitan dengan usaha tani, bahkan yayasan pendidikan pun turut menyampaikan aspirasi.

Menteri Amran, pada kesempatan dialog dengan masyarakat tani, memberikan bantuan benih padi dan bibit tanaman kopi, kakao serta dana program replanting kelapa sawit untuk dua Provinsi Sulawesi Tengha dan Sulawesi  Barat senilai Rp200 miliar.

Selain itu,  berbagai alat mesin pertanian, seperti traktor besar empat roda, driyer padi, eskavator besar untuk kabupaten Parigi Moutong.

"Parigi Moutong ini, harus bersyukur," ujar Menteri Amran, ditengah cobaan masih tetap dapat menuai hasil kerja keras dan produksi cukup bagus.

"Hidup tidak bisa berhenti, harus kerja-kerja-kerja, kita dianugerahi yang kuasa tanah yang subur, air dan benih, maka harus ada kehidupan, takdir adalah hak yang Maha Kuasa, namun usaha dengan kerja-kerja-kerja menjadi kewajisban kita ," tegasnya.

Syamsurizal Tombolotutu, Bupati Parigi Moutong, menyampaikan salam hormat dan terima kasih, kepada pemerintah pusat khususnya Mentan, yang sudah hadir dalam panen raya tahun ini.

Bupati, melihat dan merasakan kehadiran Menteri Amran menumbuhkan rasa percaya diri dan memberi semangat yang lebih kepada Pemda khususnya Petani yang baru saja melewati masa sulit.

"Terima kasih Pak Menteri, salam hormat untuk pemerintah pusat, yang sangat memperhatikan kebutuhan rakyat, tegasnya.

TAGS : Panen Raya Parigi Moutong Sulawesi Selatan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :