Jum'at, 26/04/2024 13:10 WIB

Kader Ulama MUI Kabupaten Bogor Peduli Lingkungan

Sebanyak 50 Mahasiswa/i yang tengah mengikuti Pendidikan Kader Ulama (PKU) Angkatan XII MUI Kabupaten Bogor mendatangi Desa Parigi Mekar, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, minggu (28/10/2018) dalam agenda Kegiatan Ramah Lingkungan (KRL)

Sebanyak 50 Mahasiswa/i yang tengah mengikuti Pendidikan Kader Ulama (PKU) Angkatan XII MUI Kabupaten Bogor mendatangi Desa Parigi Mekar

Ciseeng - Sebanyak 50 Mahasiswa/i yang tengah mengikuti Pendidikan Kader Ulama (PKU) Angkatan XII MUI Kabupaten Bogor mendatangi Desa Parigi Mekar, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, minggu (28/10/2018) dalam agenda Kegiatan Ramah Lingkungan (KRL), diantaranya yaitu bersih-bersih kampung, pembuatan lubang resapan biopori, dan penanaman pohon.

Ini merupakan bagian dari rangkaian aktifitas Off Campus yang wajib diikuti semua mahasiswa/i PKU XII.

Disampaikan oleh Ketua Alumni PKU Saepudin Muhtar bahwa Kecamatan Ciseeng dijadikan destinasi Kegiatan Ramah Lingkungan (KRL) kali ini karena Kecamatan ini terkenal sebagai minapolitan berskala nasional maupun internasional.

“Saat ini, kalau kita ingin mencari ikan hias dimanapun di negara ini, bahkan di Asia Tenggara, pasti rujukannya ya Ciseeng” papar pria yang kerap disapa Gus Udin tersebut.

Kemudian dijelaskan pula oleh Kepala Desa setempat Abdullah Fatoni, bahwa sulit untuk merubah pola pikir masyarakat khususnya selama 12 tahun ini, hal tersebut dipengaruhi oleh tingkat ekonomi dan pendidikan warganya.

“Kalau disini, terkadang kami sudah instruksikan dan sudah membersihkan lingkungan, sorenya warga membawa pulang lagi rumput dari sawah” tegas pria alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung tersebut.

Di tengah acara, Prof., Dr,. Kamir Raziudin Brata., M.Sc selaku pencetus lubang resapan biopori memberikan kuliah singkat tentang proses kehidupan didalam tanah, juga kesalahan yang muncul disaat ingin membuat lubang resapan.

Di akhir kegiatan, seluruh mahasiswa/i PKU XII disebar ke sekitar wilayah tersebut, untuk membuat lubang resapan biopori dan pembersihan umum.

Jajang Muslih, salah satu mahasiswa PKU XII utusan Dinas Pendidikan Jawa Barat, merasa bangga dan senang bisa turut andil dan bersinergi dengan masyarakat.

“Semoga kegiatan ini menjadi penyambung silaturahmi antar kami dan masyarakat Kabupaten Bogor” ujar pria tersebut.

KEYWORD :

Kader Ulama MUI Peduli Lingkungan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :