Jum'at, 26/04/2024 11:42 WIB

AS Bakal Keok dalam Perang Dagang

Demikian disampaikan oleh sejumlah peneliti Bank Sentral Eropa pada Rabu (26/9), di Berlin, Jerman.

Presiden Amerika Seriakat Donald Trump (Foto: Denis Balibouse)

Washington – Aktivitas ekonomi di Amerika Serikat (AS) diprediksi akan turun lebih dari dua persen dalams etahu, jika Gedung Putih meluncurkan perang dagang melawan dunia internasional. Demikian disampaikan oleh sejumlah peneliti Bank Sentral Eropa pada Rabu (26/9), di Berlin, Jerman.

Dilansir dari AFP, ramalan itu muncul ketika para pejabat seperti Presiden ECB Mario Draghi, dan Ketua Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) Roberto Azevedo memperingatkan tentang meningkatnya ancaman proteksionisme terhadap ekonomi dunia, di bawah kebijakan `America First` milik Donald Trump.

Untuk menguji skenario perang perdagangan global terhadap Amerika Serikat, para ahli yang berbasis di Frankfurt memberikan seperangkat asumsi ke dalam model ekonomi yang dihasilkan oleh ECB dan Dana Moneter Internasional (IMF).

Mereka mensimulasi Washington memukul semua impor dengan tarif 10 persen, sementara mitra dagang Amerika menanggapi dengan baik.

Guna melihat efek langsung tarif pada perdagangan, para ekonom mencoba untuk menangkap efek pada kepercayaan pasar publik dan keuangan, dengan mensimulasikan lonjakan biaya pinjaman pemerintah, dan kemerosotan di pasar saham global, sebesar 16 persen untuk AS.

“Di bawah skenario gabungan itu, aktivitas ekonomi riil di Amerika Serikat bisa lebih dari dua persen lebih rendah daripada baseline di tahun pertama saja," kata para ahli.

Mereka lebih lanjut memprediksi bahwa setelah tiga tahun, PDB akan tetap satu persen di bawah tingkat awalnya. "Perekonomian yang mengenakan tarif yang mendorong pembalasan oleh negara lain jelas lebih buruk," lanjutnya.

"Standar kehidupannya jatuh dan pekerjaan hilang," imbuhnya.

Dalam perdagangan, sementara konsumen dan perusahaan AS secara bertahap beralih ke penjual Amerika sebagai dampak terhadap impor yang lebih mahal, efeknya pada awalnya lebih besar daripada penurunan ekspor karena mitra dagang negara itu membeli lebih sedikit.

Perusahaan juga diharapkan untuk berinvestasi lebih sedikit dan mempekerjakan lebih sedikit pekerja, memperkuat efek pengereman pada perekonomian. Sementara itu, Cina diperkirakan akan menang di tahap awal perang perdagangan simulasi.

Dengan tarif hanya mempengaruhi perdagangan dengan AS, negara-negara lain dapat beralih untuk membeli ekspor Cina daripada Amerika, lebih dari mengimbangi penurunan penjualan ke AS.

Secara lebih luas, pukulan kepercayaan dari perang perdagangan umum akan menghasilkan dampak yang signifikan, dan lebih luas pada output di seluruh negara. Para ekonom juga menemukan, ekonomi global akan menyusut 0,75 persen pada tahun pertama.

Kontraksi hampir 3,0 persen dalam perdagangan secara keseluruhan juga akan membebani output dunia. "Skenario perang perdagangan global akan memiliki efek dramatis," kata bos WTO Azevedo kepada para pemimpin bisnis Jerman di Berlin.

KEYWORD :

Perang Dagang Amerika Serikat China




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :