Kamis, 21/03/2019 19:27 WIB

Sutradara James Ricketson Akhirnya Dibebaskan dari Kamboja

Dia berencana kembali ke Kamboja suatu hari nanti.

James Ricketson di Bandara Sydney, Australia (Foto: AFP)

Melbourne – Sutradara kenamaan asal Australia, James Ricketson akhirnya dibebaskan dari Kamboja, setelah mendapatkan pengampunan dari Raja Kamboja atas hukuman enam tahun penjara kasus spionase tahun lalu.

Saat disambut oleh keluarga dan koleganya di bandara Sydney, Ricketson mengaku senang. Dia berencana kembali ke Kamboja suatu hari nanti.

“Saya akan kembali secepat yang saya bisa, tetapi saya harus pulih,” kata Ricketson dilansir dari AFP pada Senin (24/9).

Keluarga Ricketson, termasuk Kementerian Luar Negeri Australia juga mengucapkan terima kasih kepada raja, yang telah membawa sutradara tersebut keluar dari mimpi buruknya.

Seperti diketahui, Ricketson dinyatakan bersalah dengan tuduhan memata-matai dan mengumpulkan informasi yang berbahaya bagi Kamboja.

Penangkapannya pada Juni 2017, setelah Ricketson menerbangkan pesawat tak berawak di atas sebuah unjuk rasa oleh Partai Penyelamatan Nasional Kamboja (CNRP) yang kini telah dibubarkan.

Ricketson, yang menghabiskan lebih dari satu tahun di balik jeruji, membantah tuduhan itu dan meminta pengampunan dari Raja Norodom Sihamoni. Pada Jumat pekan lalu, ia dibebaskan dari penjara Prey Sar di Phnom Penh.

TAGS : Sutradara James Ricketson Kamboja




TERPOPULER :