Senin, 26/08/2019 14:59 WIB

Moon Jae In Tiba di Korea Utara

Moon datang ke Pyongyang untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) antar Korea, bersama Pemimpin Korut Kim Jong Un.

Kim Jong-un (kiri) dan Moon Jae-in bertemu Jumat (27/4) pagi

Pyongyang – Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae In tiba di Korea Utara pada Selasa (18/9) pagi. Moon datang ke Pyongyang untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) antar Korea, bersama Pemimpin Korut Kim Jong Un.

Dilansir dari AFP, ratusan pelajar tampak berjajar di landasan Bandara Internasional Pyongyang, lokasi Kim mengawasi peluncuran rudal tahun. Terlihat pula bendera Korut dan unifikasi, yang menunjukkan bahwa semenanjung tidak akan terbagi lagi.

“Mari kita buka era perdamaian dan kemakmuran dengan solidaritas satu rakyat,” demikian bunyi salah satu tulisan di luar terminal.

Pesawat Moon diketahui telah lepas landas dari Pangkalan Udara Seoul untuk penerbangan selama 80 menit menuju ibu kota Korut. Moon ditemani langsung oleh sang istri.

Disebutkan, Moon menjadi pemimpin ketiga yang melakukan perjalanan selama tiga hari di Korut. Sebelumnya Kim Dae Jung (2000), dan Roh Moo Hyun (2007) juga melakukan hal serupa pada masanya.

“KTT akan menawarkan peluang penting dalam mempercepat pengembangan hubungan antar-Korea yang membuat sejarah,” tulis Kantor Berita Pusat Korea Utara.

Moon dijadwalkan mengadakan dua kali pertemuan dengan Kim. Dalam kesempatan tersebut, dia akan meyakinkan pemimpin Korut untuk melakukan langkah-langkah substantif menuju pelucutan senjata.

“Jika kunjungan ini mengarah pada dimulainya kembali pembicaraan AS-Korea Utara, maka itu akan cukup signifikan dalam dirinya sendiri,” ujar Moon sebelum bertolak ke Pyongyang pagi ini.

TAGS : Korea Utara Korsel Moon Jae In




TERPOPULER :