Jum'at, 26/04/2024 10:05 WIB

Muhammad Rizal: Indonesia Tak Bisa Lepas dari Arus Globalisasi

Bangsa Indonesia tak bisa menutup diri dari proses globalisasi.

Kepala Biro Sekretariat Pimpinan MPR RI Muhammad Rizal menyampaikan Sosialisasi Empat Pilar dalam Acara Temu Tokoh Bangsa di lingkungan sekitar Kelurahan Binong, Kecamatan Curug Tangerang Banten, Minggu (29/7).

Tangerang – Di hadapan warga masyarakat Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, Banten, Kepala Biro Sekretariat Pimpinan MPR RI Muhammad Rizal mengingatkan, bangsa Indonesia tak bisa menutup diri dari proses globalisasi.

Karena itu orangtua harus terus memperhatikan anak-anaknya. Memberikan pendidikan yang baik, dan tidak membiarkan mereka tumbuh tanpa pengawasan. "Banyak nilai-nilai asing yang masuk tanpa bisa disaring. Padahal sebagian dari nilai-nilai itu tidak sesuai dengan kepribadian bangsa Indonesia. Seperti individualisme, materialisme dan hedonisme," kata Muhammad Rizal.

Karena itu, MPR tak henti-hentinya melaksanakan sosialisasi empat pilar MPR RI. Agar anggota masyarakat bisa mengingat dan melaksanakan niliai-nilai luhur milik bangsa Indonesia. Dan tidak begitu saja mengambil nilai-nilai dari luar yang belum tentu sesuai dengan kepribadian bangsa.

Pernyataan itu disampaikan Muhammad Rizal pada acara Temu Tokoh Bangsa dengan masyarakat Kelurahan Binong, Kecamatan Curug, Tangerang Banten. Acara tersebut berlangsung di lingkungan sekitar Kelurahan Binong, Kecamatan Curug Tangerang Banten, Minggu (29/7).

Muhammad Rizal menyampaikan sambutan mewakili Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang berhalangan hadir pada acara tersebut. Pasca reformasi, menurut Rizal MPR menjadi satu-satunya lembaga negara yang diamanatkan oleh UU untuk mensosialisasikan Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Itu dilakukan, karena MPR merasa makin banyak generasi muda yang tidak mengenal nilai-nilai luhur bangsanya sendiri. “Saat Reformasi berlangsung, semua nilai-nilai baik yang diwariskan para pendiri bangsa semuanya ditinggalkan.

Akibatnya kita kehilangan nilai-nilai luhur yang semestinya diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itu MPR melaksanakan sosialisasi, agar masyarakat kembali mengingat dan melaksanakan nilai-nilai luhur milik bangsa Indonesia," kata Rizal menambahkan.

Acara Temu Tokoh dengan masyarakat Kelurahan Binong itu dihadiri Lurah Ibu Masitoh. Acara berjalan lancar dan lebih dari 400 orang ikut dalam acara tersebut. Mereka antusias mengikuti acara dan tampak bersemangat saat menyanyikan lagu Indonesia Raya.

KEYWORD :

Warta MPR Muhammad Rizal Empat Pilar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :