Jum'at, 26/04/2024 08:33 WIB

Perhatikan 6 Hal Penting Ini Sebelum Kembali ke Kota Besar

Imbauan ini penting disimak bagi Anda yang hendak kembali ke kota-kota besar.

Imbauan ini penting disimak bagi Anda yang hendak kembali ke kota-kota besar (Foto: Istimewa)

Jakarta - Setelah melewati arus mudik lebaran, saat ini sejumlah kota besar di Indonesia akan menghadapi dampak dari  arus balik lebaran. Dalam dua hari ini, lalu lintas darat, laut, dan udara juga semakin ramai  dari pergerakan arus balik lebaran.

Mengingat ritual arus balik seringkali memiliki dampak urbanisasi, maka ada enam hal penting yang disampaikan Susanto, Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI):

1. Kota bukan satu-nya tempat terbaik memperbaiki nasib keluarga. Banyak potensi desa dan daerah yang saat ini membutuhkan pelopor inovatif di desa. Banyak orang sukses berawal dari mengembangkan  dan menginovasi potensi lokal di desanya.

2. Jika, ingin ke Jakarta atau kota besar lainnya, hindari membawa keluarga dan kerabat yg non skill. Karena bisa menimbulkan masalah baru di kota2 tujuan.  Hal ini utk menghindari potensi pengangguran dan masalah sosial lain.  Pengangguran seringkali menimbulkan masalah anak, seperti; penelantaran, putus sekolah dan masalah anak lainnya.

3. Pastikan ada tempat tinggal di kota tujuan. Hindari tinggal di kolong jembatan, lokasi penampungan sampah, pinggir rel kereta api dan sungai serta tempat berbahaya lainnya. Hal ini sangat berbahaya bagi tumbuh kembang  anak.

4. Pastikan jika membawa tenaga pengasuh dari kampung  memiliki rekam jejak yg baik dan bukan pelaku kekerasan terhadap anak. Hal ini untuk mencegah maraknya kasus-kasus anak di kota tujuan baik penculikan, kekerasan maupun trafiking.

5. Jika membawa anak , pastikan identitas anak yang lengkap, seperti; Akte kelahiran, KTP ortu, Kartu Keluarga, serta identitas lain yg diperlukan. Hal ini untuk memastikan pemenuhan hak dasar anak termasuk pendidikan.

6. Hati-hati dalam melamar pekerjaan. Hal ini untuk menghindari modus memanfaatkan pendatang baru yang bisa merugikan.

KEYWORD :

Lebaran Arus Balik Anak Kota Besar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :