Jum'at, 26/04/2024 12:32 WIB

Panduan Belanja Aman Saat Berwisata di Asia Tenggara

Berikut panduan untuk berbelanja dengan aman, sehingga Anda bisa bepergian dengan bebas dan nyaman.

liburan long weekend (Foto: Shutterstock)

Jakarta - Dalam merencanakan liburan bersama keluarga dan orang tercinta baik di dalam maupun ke luar negeri, pastinya telah mempersiapkan liburan tersebut secara matang untuk mendapatkan liburan terbaik, seperti memesan hotel, merencanakan perjalanan di tempat tujuan, dan hal-hal lainnya yang sangat menggembirakan.

Sebagaimana Anda mencari tahu mengenai kuliner serta tempat berbelanja terbaik di negara tujuan, penting juga untuk menyiapkan diri Anda dengan tips-tips yang dapat membantu untuk mengontrol dana liburan yang telah Anda kumpulkan selama ini. Berikut panduan untuk berbelanja dengan aman, sehingga Anda bisa bepergian dengan bebas dan nyaman.

1. Sebelum memulai kegiatan berbelanja Anda, luangkan waktu satu hingga dua menit untuk meneliti terlebih dahulu di mana saja kartu pembayaran dapat diterima. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk merencanakan seberapa banyak uang tunai yang harus dibawa untuk toko-toko yang hanya menerima uang tunai.

2. Daftarkan nomor telepon Anda dengan bank Anda untuk menerimanotifikasi SMS, untuk memberikan Anda notifikasi dari setiap transaksi yang dilakukan.

3. Daripada membawa seluruh kartu pembayaran Anda, bawalah hanya kartu-kartu yang penting dan simpan sisanya, seperti pasport dan kartu pembayaran lainnya, di tempat yang aman seperti hotel Anda. Hal tersebut dapat selalu membantu Anda untuk memiliki backup apabila kartu Anda hilang atau dicuri.

4. Ingin menyisihkan uang Anda saat berbelanja di luar negeri? Nikmati nilai tukar terbaik dengan menggunakan kartu kredit dan debit Anda.

5. Apabila Anda kehilangan kartu Anda, telepon bank Anda dan laporkan kehilangan tersebut secepatnya. Bank akan dapat menolong untuk memblokir kartu Anda dan menghubungkan Anda dengan staff spesialis yang dapat memastikan bahwa Anda menerima bantuan uang tunai darurat.

KEYWORD :

liburan asia tenggara belanja




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :