Minggu, 23/09/2018 21:59 WIB

Kini Zakat Bisa Lewat Saham

Sedekah dan zakat yang dikeluarkan oleh para pemilik saham tersebut akan disalurkan kepada mustahik yang membutuhkan melalui Baznas. Ini untuk membantu mustahik

Baznas

Jakarta - Demi meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dalam membayar zakat dan bersedekah, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melakukan inovasi dengan membuka gerai zakat dan sedekah saham.

Dalam mengembangkan inovasi tersebut, Baznas bersinergi dengan PT Henan Putihrai Sekuritas, dengan menargetkan adanya kemajuan masyarakat dalam membantu para mustahik.

Dua lembaga ini membuka gerai zakat dan sedekah saham di area lobby main hall Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI). Gerai ini resmi melayani masyarakat menunaikan zakat dan sedekah saham sejak diluncurkan, Jumat (11/5/2018).

Menurut Deputi Baznas Arifin Purwakananta, gerai zakat tersebut merupakan langkah inovasi dari Baznas untuk terus memudahkan masyarakat dalam bersedekah.

"Gerai ini dibuka untuk memudahkan layanan zakat dan sedekah masyarakat yang beraktivitas di sekitar BEI hingga akhir Ramadan nanti," kata Arifin.

"Kita terus melakukan inovasi-inovasi dalam mengembangkan cara agar memudahkan masyarakat membantu sesama. Seperti kita sudah melakukan pengembangan zakat via digital, sehingga sekali klik masyarakat bisa langsung bayar zakat.

Arifin menambahkan, selain dapat membayar zakat lewat saham, di gerai zakat saham masyarakat dapat memperoleh informasi sekitar pasar modal syariah, mekanisme zakat dan sedekah saham, serta konsultasi zakat.

Program sedekah dan zakat saham (Sazadah) telah diluncurkan November tahun lalu setelah melalui kajian Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Senada dengan Arifin, Direksi HP Sekuritas Mohamad Yunus menyebut saham termasuk jenis harta yang wajib dikeluarkan zakatnya setelah mencapai nishab. Program ini dapat memfasilitasi investor syariah maupun konvensional untuk menyucikan harta sekaligus berbagi kepada sesama melalui sedekah dan zakat saham.

Yunus juga menambahkan bahwa progran ini diharapkan menjadi jalan alternatif untuk membendung kepungan kapitalisme dan kesenjangan sosial yang tinggi. Sehingga diharapkan semakin banyak pelaku pasar modal yang bersedekah dan berzakat.

“HP Sekuritas memberikan kemudahan bagi investor pasar modal, asalkan sudah memiliki rekening efek saham di Bursa Efek Indonesia silakan langsung menghubungi perwakilan kami untuk membantu proses sedekah atau zakat saham, mudah dan cepat”, tutur Direksi HP Sekuritas Mohamad Yunus.

Sedekah dan zakat yang dikeluarkan oleh para pemilik saham tersebut akan disalurkan kepada mustahik yang membutuhkan melalui Baznas. Ini untuk membantu mustahik memperoleh penghidupan lebih baik melalui program Zakat Community Development (ZCD).

TAGS : Zakat Saham Baznas




TERPOPULER :